Find Us On Social Media :

Fresh Graduate, Perhatikan Tips-tips Ini untuk Mengelola Gaji Pertama Supaya Nggak 'Numpang Lewat' Aja ya!

By Ragillita Desyaningrum, Jumat, 26 Maret 2021 | 18:32 WIB

Wajar apabila fresh graduated merasa sangat antusias dalam menantikan gaji pertamanya setelah bekerja keras. Namun, jangan sampai antusiasme ini membuat gaji terasa seperti ‘numpang lewat’ saja karena boros.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.IDFresh graduate atau lulusan baru pastinya sangat gembira dan bersemangat ketika menerima gaji pertama setelah satu bulan bekerja.

Sebagian besar fresh graduate mendapatkan gaji pertama sebesar UMP atau Upah Minimum Provinsi.

Melansir unggahan Instagram Kementerian Ketenagakerjaan via Kontan.co.id, UMP adalah upah minimum yang berlaku untuk seluruh kabupaten/kota di dalam satu wilayah provinsi.

Baca Juga: Viral Status Fresh Graduate Tak Mau Digaji Rp 8 Juta, 3 Artis Lulusan UI Ikut Berkomentar

Adapun gaji UMP tertinggi tahun 2021 ini adalah Provinsi DKI Jakarta sebesar Rp 4.416.186 per bulan dan terendah adalah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar Rp 1.765.000 per bulan.

Dengan besaran rata-rata gaji ini, sebagian fresh graduate telah membayangkan untuk membelikan barang-barang yang telah mereka inginkan.

Sayangnya, keinginan yang menggebu-gebu dan minimnya pengetahuan mereka tentang pentingnya mengelola uang akhirnya membuat gaji pertama terasa seperti ‘numpang lewat’ saja.

Baca Juga: Baru Lulus Diploma, Laki-laki Ini Hasilkan Rp 4 Juta Per Hari, Kerja Apa Ya?

Tak jarang, gaji pertama akhirnya menipis atau bahkan habis sebelum akhir bulan datang.