Find Us On Social Media :

Serum untuk Lindungi Rambut dari Panas dan Atasi Kerusakan Akibat Catokan!

By Nana Triana, Senin, 29 Maret 2021 | 13:07 WIB

Penggunaan pelurus rambut terlalus sering dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut.

Grid.ID - Gaya rambut menjadi salah satu hal yang dapat menunjang penampilan. Terutama bagi seorang wanita karier. Oleh sebab itu, alat-alat penata rambut seperti hair dryer dan catokan pun menjadi andalan.

Selain dapat mengeringkan rambut secara cepat dan instan, hair dryer juga dapat membuat rambut tampak lebih bervolume. Sementara, untuk tampilan rambut lurus sempurna, bergelombang, atau mengembang dapat diperoleh dengan menggunakan catokan.

Meski praktis dan menghasilkan efek yang menawan, kebiasaan menata rambut dengan alat-alat tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah pada rambut dan kulit kepala. Pasalnya, kedua alat penata rambut tersebut memanfaatkan panas.

Melansir dari Kompas.com, Kamis (23/4/2019), spesialis kulit dan kelamin dr. Gloria Novelita, Sp.KK, menyebutkan, suhu panas dari alat pengering rambut dapat meningkatkan suhu air yang terkandung pada batang-batang rambut secara tiba-tiba.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Segudang Manfaat dan Cara Merawat Kulit Kepala yang Benar!

"Molekul pada air akan menjadi uap. Uap kan berbentuk gelembung-gelembung. Batang rambut—jika di dalamnya terbentuk gelembung-gelembung—akan  lebih mudah patah,” ujarnya.

Tak hanya itu, frekuensi pemakaian alat-alat penata rambut tersebut dilakukan hampir setiap hari dan tidak diimbangi dengan kebiasaan merawat serta menutrisi rambut, beberapa masalah rambut berikut akan timbul.

Pertama, rambut kering dan kusam. Alat penata rambut bekerja dengan mengantarkan panas yang dapat menyerap kelembapan rambut. Kalau digunakan hampir setiap hari tanpa diimbangi perawatan, alat penata rambut dapat membuat batang rambut menjadi kering dan kusam. 

Tekstur rambut yang kering biasanya terasa lebih kasar dan mudah sekali kusut. Tidak menutup kemungkinan rambut pun akan menjadi rapuh sehingga mudah patah saat disisir.

Kedua, kutikula rambut rusak dan rambut bercabang. Sama seperti kuku, rambut memiliki kutikula yang berfungsi sebagai lapisan pelindung batang rambut dari faktor eksternal seperti matahari, polusi, maupun styling rambut.

Baca Juga: Tujuh Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat di Punggung Secara Alami, Udah Kamu Coba?

Penggunaan hair dryer dan catokan secara terus menerus dapat merusak kutikula sehingga rambut lebih rentan terhadap kerusakan. Tak hanya itu, penggunaan hair dryer dan catokan pada rambut yang rusak dapat membuat ujung rambut pecah atau terbelah sehingga terlihat bercabang.