Find Us On Social Media :

Kota Malang Diguncang Gempa Magnitudo 6,7, Suasana Mall Ricuh dan Sejumlah Rumah Warga Terpantau Ambruk hingga Mengalami Kerusakan Cukup Parah

By Novia, Sabtu, 10 April 2021 | 16:55 WIB

Gempa 6,7 M pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB dirasakan di Malang dan sekitarnya.

Laporan Wartawan Grid.ID, Novia Tri A

Grid.ID - Baru-baru ini gempa bermagnitudo 6,7 telah mengguncang sebagian besar wilayah Jawa Timur.

Berlangsung pada Sabtu (10/4/2021), gempa dikabarkan terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

Tak hanya dirasakan di wilayah Jawa Timur saja, namun gempa juga dirasakan hingga di beberapa daerah lain.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 6,7 Mengguncang Malang, Getaran Terasa Hingga Kota Trenggalek

Dikutip dari media Twitter BMKG, gempa yang terpusat di Malang itu dapat dirasakan di sejumlah wilayah, seperti Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Yogyakarta, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar III MMI, Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, dan Banjarnegara.

Dilansir dari Kompas.com, lebih lanjut, Kepala Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Akhmad Taufan Maulana mengatakan, gempa yang terjadi termasuk gempa tektonik.

"Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo sebesar 6,7 kemudian di-update menjadi magnitudo 6,1," ujar Taufan dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu, (10/4/2021).

Baca Juga: Tak Berpotensi Tsunami, Gempa Bermagnitudo 6,7 yang Berpusat di Malang Telah Mengakibatkan Sejumlah Rumah Ambruk

Ia pun menjelaskan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km.

Dari laporan BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).