Find Us On Social Media :

Ramadan 2021: Supaya Perut Nggak Kembung Setelah Buka Puasa, Mendingan Hindari Makanan Berikut Ini Termasuk Buah!

By Ragillita Desyaningrum, Sabtu, 10 April 2021 | 18:46 WIB

Beberapa jenis makanan sebaiknya dihindari selama berbuka puasa karena diyakini dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan termasuk perut kembung.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Suara adzan dan bedug Maghrib menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu bagi umat Islam di bulan puasa.

Keduanya merupakan penanda berbuka puasa di mana ibadah puasa yang mereka lakukan sejak matahari terbit telah selesai hari itu.

Tak jarang, karena rasa lapar dan haus yang melanda membuat sebagian orang langsung menyantap makanan yang tersedia dengan lahap.

Baca Juga: Ramadhan 2021: Berikut Kumpulan Resep Kolak untuk Sajian Takjil Berbuka Puasa

Sebenarnya, berbuka puasa memang harus disegerakan, namun ini bukan berarti seseorang diperbolehkan untuk menyantap makanan dengan cepat dan secara berlebihan.

Selain karena Rasulullah SAW tidak mengajarkan demikian, kebiasaan makan cepat dan berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

Hal ini dapat memicu berbagai gangguan kesehatan seperti melonjaknya gula darah hingga gangguan lambung seperti maag dan perut kembung.

Baca Juga: Membuat Tubuh Terhidrasi dan Membantu Memperbaiki Pencernaan, Berikut 4 Manfaat Minum Air Putih Saat Berbuka Puasa Jelang Ramadhan 2021

Untuk itulah kita disarankan makan dengan perlahan supaya tidak makan secara berlebihan.

Di samping itu, ada juga beberapa menu makanan yang sebaiknya dihindarkan selama berbuka puasa karena dapat memicu kembung.

Melansir Arabian Business, berikut adalah daftar makanan yang dapat menyebabkan kembung dan masalah lambung.