Find Us On Social Media :

Urutan Pangkat dan Jumlah Gaji TNI AU hingga Tunjangan yang Bisa Capai Puluhan Juta, Berminat Daftar?

By None, Jumat, 16 April 2021 | 04:03 WIB

Urutan Pangkat dan Jumlah Gaji TNI AU hingga Tunjangan yang Bisa Capai Puluhan Juta, Berminat Daftar?

Grid.ID - Menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) merupakan impian sebagian besar masyarakat Indonesia.

Hal itu lantaran gaji TNI AU dan tunjangannya dinilai sangat banyak hingga mampu menyejahterakan keluarga.

Lantas berapakah gaji TNI AU dan tunjangannya berdasarkan urutan pangkatnya?

Melansir dari laman Kompas.com, TNI AU yang memiliki tugas berat, yakni menjaga kedaulatan wilayah udara Indonesia mendapatkan imbalan yang cukup besar.

Baca Juga: Sebelum Menikah Siri dengan Bambang Pamungkas, Amalia Fujiawati Sempat Menikah dengan TNI dan Ditinggal Meninggal Dunia

Sebagai prajurit TNI, personil TNI AU mendapatkan gaji plus berbagai macam tunjangan selama masa dinas.

Gaji TNI, termasuk gaji TNI AU, sudah mengalami penyesuaian sejak beberapa tahun terakhir.

Salah satu komponen tambahan penerimaan bulanan selain gaji pokok (take home pay) prajurit TNI yang cukup siginifikan adalah tunjangan kinerja atau tukin.

Berbeda dengan gaji pokok yang besarannya sama untuk semua prajurit sesuai dengan pangkatnya, beberapa tunjangan yang diterima setiap prajurit TNI berbeda-beda, ini karena jumlah tunjangan disesuaikan dengan penempatan tugas dan jabatan.

Baca Juga: Polisi Militer TNI AU Dibuat Tegang Tiap Ada Teknisi Jet Tempur Rusia Datang ke Indonesia, Kebiasaan yang Pernah 'Makan Korban' Ini Jadi Sebabnya

Berapa gaji TNI AU termasuk tunjangannya dalam sebulan?

Gaji terbaru TNI AU diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Keduabelas atas Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Tentara Nasional Indonesia.