Find Us On Social Media :

Pentingnya Protein Hewani dan Asam Amino Esensial untuk Cegah Stunting, Orang Tua Milenial Perlu Tahu

By Devi Agustiana, Jumat, 16 April 2021 | 09:15 WIB

Kondisi stunting menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orangtua, maka pemenuhan gizi yang seimbang menjadi kunci untuk mencegahnya.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Masa emas tumbuh kembang anak berada pada 1.000 hari awal kehidupannya.

Ini sudah menjadi rahasia umum bagi orang tua.

Otak mengalami perkembangan paling cepat pada fase tersebut.

Baca Juga: Usianya Hampir 2 Tahun, Anak Tasya Kamila Mulai Senang Mencoret-coret Rumah, Baiknya Dibiarkan atau Dilarang ya?

Oleh karena itu, anak butuh asupan nutrisi yang berkualitas dalam mendukung perkembangan otak dan jaringan tumbuh kembang lainnya.

Satu asupan penting yang dibutuhkan anak di masa awal pertumbuhannya adalah protein hewani dengan kandungan 9 asam amino esensial (AAE).

Kandungan ini akan mendukung pertumbuhan linier dan perkembangan otak untuk modal kesehatan anak di masa depan.

Baca Juga: Zaskia Sungkar Ngaku Protektif Berlebihan Pada Putra Pertamanya, Begini 4 Langkah Sederhana Mencegah Overprotektif pada Anak!

Menurut Dokter Anak Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik pada Anak, Prof. Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, Sp.A(K), 9AAE sangat penting bagi tumbuh kembang anak

Hal ini ia jelaskan dalam acara virtual yang Grid.ID ikuti pada Kamis (15/4/2021).

“Kandungan 9AAE berperan besar dalam membantu pertumbuhan dan kecerdasan otak anak, termasuk dalam kondisi malnutrisi. Jika anak kurang mendapat asupan 9AAE di masa emas pertumbuhannya, maka pembentukan otaknya pun bisa tidak maksimal,” katanya.