Find Us On Social Media :

3 Jenis Olahraga Ini Cocok untuk Dilakukan Saat Puasa, Nggak Berat dan Nggak Bikin Lemas!

By Ragillita Desyaningrum, Sabtu, 17 April 2021 | 17:22 WIB

Berolahraga dengan rutin tetap dianjurkan meskipun di bulan puasa sekalipun. Hanya saja, kamu perlu menyesuaikan kembali waktu dan jenis berolahraga supaya tidak mengganggu puasa.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Berpuasa seharusnya tidak menjadi alasan untuk kita tidak berolahraga.

Memang, ketika berpuasa kita bisa saja merasa lemas karena kehilangan cairan tubuh.

Namun, berolahraga dan bergerak aktif juga sangat disarankan sebagai salah satu cara untuk membuat tubuh sehat dan bugar.

Untuk itu, kita harus menyesuaikan jenis dan waktu olahraga yang kita lakukan saat berpuasa supaya tubuh tidak terlalu lemas.

Baca Juga: Ini yang Ayudia Bing Slamet Alami Karena Melewatkan Stretching Setelah Olahraga, Kenapa Peregangan Pasca Olahraga Sangat Penting?

Adapun waktu berolahraga yang disarankan adalah mendekati waktu berbuka puasa yaitu 30-60 menit sebelum adzan maghrib.

“Supaya tetap nyaman, olahraga sebaiknya dilakukan di sore hari, waktu menjelang berbuka puasa," ujar Saptawati Bardosono, seorang Dokter Spesialis Gizi Klinik yang dikutip dari Juara.net.

Alasannya, ketika selesai berolahraga tubuh bisa segera mengantikan cairan yang hilang setelah belasan jam berpuasa dan setelah berolahraga.

Energi yang terkuras saat berolahraga juga dapat langsung tergantikan dengan menu makanan buka puasa yang kita konsumsi.

Baca Juga: Supaya Olahraga Tetap Terlaksana Selama Bulan Puasa Ramadan Coba Perhatikan Tips Sederhana Berikut Ini, Termasuk Waktu yang Paling Baik untuk Berolahraga!

Nah, berikut adalah rekomendasi jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa seperti yang dikutip dari Kompas TV.