Find Us On Social Media :

Bukan Hanya Ibadah Semata, Ahli Ini Beberkan Manfaat Kebiasaan Puasa untuk Kesehatan, Bisa Membuat Tidur Nyenyak hingga Melancarkan Pencernaan!

By Devi Agustiana, Minggu, 18 April 2021 | 09:06 WIB

Ahli beberkan manfaat kebiasaan puasa untuk kesehatan, membuat tidur nyenyak hingga melancarkan pencernaan.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Saat ini, umat Muslim di seluruh dunia sedang menjalani puasa Ramadhan.

Meskipun masih di tengah pandemi, tapi ini tak menjadi halangan untuk tetap melakukan ibadah tersebut.

Saat puasa, kita tidak akan makan dan minum selama lebih dari 12 jam.

Baca Juga: Kombinasi Makanan Berikut Ini Cocok Banget untuk Menurunkan Berat Badan, Bisa Dicoba untuk Menu Sahur dan Buka Puasa Nih!

Tahukah kamu bahwa kebiasaan puasa ternyata punya banyak manfaat kesehatan?

Dilansir Grid.ID dari Aljazeera.com, ternyata orang Yunani kuno juga merekomendasikan puasa untuk menyembuhkan tubuh, dan kini beberapa ilmuwan menganjurkan puasa yang dimodifikasi untuk manfaat mental dan fisik.

Dikenal sebagai puasa intermiten, puasa yang dimodifikasi tersebut hadir dalam beberapa bentuk yang mengharuskan tidak makan selama 12, 16, atau 24 jam sekaligus.

Baca Juga: Gegara Susah Bangun Jadi Melewatkan Makan Sahur? Coba Ikuti 7 Tips Ini Agar Tidak Kesiangan Lagi yuk!

Bentuk lain, yang dikenal sebagai puasa 5: 2, menganjurkan pembatasan kalori (hanya makan antara 500 dan 600 kalori) selama 36 jam, dua kali seminggu.

“Eat Stop Eat”, sebuah buku oleh Brad Pilon yang diterbitkan pada tahun 2007, merekomendasikan untuk tidak makan selama 24 jam sekali atau dua kali seminggu, memberikan kebebasan kepada individu untuk memutuskan kapan harus memulai dan mengakhiri puasanya.

Pada tahun 2012, Michael Mosley menerbitkan buku terlarisnya The Fast Diet, didasarkan pada konsep 5: 2 tentang puasa intermiten.