Find Us On Social Media :

Masih dalam Rangka Hari Kartini, Yuk Kenalan dengan 5 Jenis Kebaya Nusantara Ini

By Yussy Maulia, Rabu, 21 April 2021 | 18:50 WIB

ilustrasi kebaya Nusantara.

Grid.id – Hari ini, Indonesia kembali memperingati Hari Kartini. Hari tersebut diperingati untuk mengenang dan menghormati kegigihan tokoh Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan Indonesia.

Saat ini, perempuan Indonesia pun memperingati Hari Kartini dengan berbagai cara. Salah satunya yang cukup identik adalah dengan mengenakan kebaya.

Kebaya merupakan pakaian berbahan tipis yang biasa dipadukan dengan sarung, kain batik, dan songket bermotif. Pakaian tradisional ini juga biasa dikenakan oleh Kartini dalam kesehariannya.

Menurut Triyanto dalam buku Kebaya Sebagai Trend Busana Wanita Indonesia dari Masa ke Masa (2010), kebaya merupakan pakaian utama wanita yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit.

Pada saat itu, kebaya digunakan sebagai kain pembebat dan penutup dada perempuan yang digunakan bersamaan dengan kemben.

Pada abad ke-5, kebaya juga digunakan sebagai pakaian perempuan keraton di Jawa. Namun, model kebaya mengalami perubahan seiring dengan masuknya ajaran Islam di Pulau Jawa.

Baca Juga: Super Kompak, Tengok Penampilan Ayu Ting Ting dan Bilqis Khumairah Mengenakan Kebaya di Hari Kartini

Kebaya dirancang dengan blus luaran untuk menutupi bagian bahu, lengan, dan punggung supaya wanita istana tampil lebih sopan.

Kemudian, seiring berjalannya waktu, kebaya mulai diadopsi oleh masyarakat umum sehingga pakaian ini bukan lagi pakaian eksklusif kerajaan.

Motif dan jenis kebaya pun terus berkembang sampai saat ini, mulai dari kebaya tradisional hingga modern. Sebagai bentuk cinta terhadap pakaian tradisional Indonesia, yuk kenali lima jenis kebaya yang cukup populer di kalangan fashion saat ini! 

Kamu bisa memadu-padankannya beberapa jenis kebaya Nusantara di bawah dengan pakaian modern sehingga tercipta tampilan yang eklektik. 

1. Kebaya kartini