Find Us On Social Media :

Warganet Ramai Sebut 'On Eternal Patrol' Kala Ungkap Duka atas Tenggelamnya KRI Nanggala-402, Berikut Makna Beberapa Istilah saat Kapal Selam Berhenti Melapor, Mulai dari 'Sublook', 'Submiss', sampai 'Subsunk'

By Nisrina Khoirunnisa, Senin, 26 April 2021 | 03:45 WIB

Kapal selam KRI Nanggala-402 kini dinyatakan 'On Eternal Patrol' atau berpatroli selamanya

Laporan Wartawan Grid.ID, Nisrina Khoirunnisa

Grid.ID - Kapal selam KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan Laut yang sudah berlayar puluhan tahun itu kini resmi dinyatakan tenggelam.

Ditemukannya tumpahan minyak hingga serpihan menjadi bukti bahwa kapal selam KRI Nanggala-402 telah tenggelam.

Dilansir dari Tribunnews.com, Panglima TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan pernyataan atas tenggelamnya KRI Nanggala-402.

"Pagi dini hari tadi merupakan batas akhir live support berupa ketersediaan oksigen di KRI Nanggala 402 selama 72 jam."

"Unsur-unsur TNI AL telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala," ujar Hadi Tjahjanto, dalam konferensi pers, Sabtu (24/4/2021).

Dari peristiwa tersebut, masyarakat Tanah Air kini tengah berduka karena kehilangan 53 personel yang sedang bertugas di dalam KRI Nanggala-402.

Baca Juga: Panjatkan Doa untuk KRI Nanggala-402, Presiden Joko Widodo Ungkap Belasungkawa untuk Para Korban dan Keluarga : Mereka Adalah Putra-Putra Terbaik Bangsa

Bahkan, warganet ramai mengungkapkan belasungkawa atas kepergian para prajurit KRI Nanggala-402 dengan menyertakan istilah 'On Eternal Patrol'.

Rupanya, istilah tersebut adalah satu sebutan yang menjadi prosedur TNI AL untuk memeriksa dan memulai pencarian jika sebuah kapal selam berhenti melapor.

Ada beberapa istilah lainnya yang jarang didengar, mulai dari 'sublook', 'submiss', hingga 'subsunk'.

Lalu, apa makna dari keempat istilah tersebut?