Find Us On Social Media :

Berawal dari Iseng-iseng Bikin Review, Dua Kreator Konten Dulang Cuan Ratusan Juta Rupiah

By Yussy Maulia, Senin, 26 April 2021 | 15:43 WIB

Tangkapan layar Youtube Jemima Livia, konten kreator yang memanfaatkan konten sebagai penghasil uang.

Grid.id - Kamu mungkin sudah enggak asing dengan istilah content creator. Di tengah perkembangan era digital yang melaju dengan sangat cepat, content creator menjadi salah satu profesi yang digandrungi anak muda.

Menjadi seorang content creator identik dengan ide-ide konten yang kreatif. Konten tersebut bisa berupa gambar, tulisan, video, hingga rekaman podcast yang diunggah di berbagai platform media sosial.

Nah, seorang content creator yang serius menekuni dan mengembangkan kualitas kontennya tentu akan menggaet banyak audiens. Popularitas dan engagement yang tinggi pun bisa menjadi ladang cuan yang menguntungkan, lho.

Hal ini yang dirasakan oleh Carlene Mutiara Feby, seorang content creator di TikTok yang terkenal akan konten review dekorasi dan peralatan rumah tangga unik.

Baca Juga: Ini Program yang Bakal Bikin 10.000 UMKM Solo Bisa Ekspor

Berawal dari hobinya bermedia sosial di TikTok, pemilik akun @carlenedoraa itu mengaku ingin mengubah kegiatan iseng tersebut menjadi sumber penghasilan tambahan.

"Awalnya aku iseng aktif di TikTok, alasannya karena untuk mengisi waktu luang," ungkapnya dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (26/4/2021).

Namun di sisi lain, Carlene juga ingin menghadirkan konten berkualitas yang dapat memberi manfaat bagi pengikutnya. Oleh karenanya, ia mulai rajin mengunggah video di TikTok yang bukan sekadar menghibur tapi memberi inspirasi berupa product review

Barang-barang yang dibeli dari platform e-commerce, ia ulas secara lengkap. Informasi mengenai tampilan, harga, hingga kegunaan ia jelaskan dalam video. Kemudian ia  bergabung dengan program Shopee Affiliate.

"Sejak aku bergabung di program Shopee Affiliates, aku rajin mengunggah konten promosi barang yang bisa dibeli di Shopee. Konten yang aku buat juga harus kreatif dan berbeda, sehingga bisa menarik netizen lain untuk mengklik dan membeli produk yang dipromosikan," tambahnya.

Baca Juga: Lewat Program UMKM Solo Go Ekspor, 10.000 UMKM Bisa Berjualan ke Luar Negeri

Sebagai informasi, Shopee Affiliate merupakan program yang menawarkan penghasilan tambahan bagi content creator yang mempromosikan produk-produk Shopee di media sosialnya, seperti YouTube, Instagram, Facebook, hingga TikTok.