Find Us On Social Media :

Tips Memaksimalkan Penggunaan Smartphone agar Hidup Lebih Produktif

By Fathia Yasmine, Kamis, 29 April 2021 | 17:05 WIB

Ilustrasi pengambilan gambar menggunakan smartphone

Grid.id – Beberapa waktu lalu, jagad maya sempat dihebohkan dengan adanya survei yang mengungkapkan bahwa netizen Indonesia salah satu yang memiliki tingkat kesopanan paling rendah se-Asia Tenggara.

Dikutip dari pemberitaan Kompascom, survei tersebut dilakukan oleh Digital Civility Index (DCI) yang mengukur tingkat kesopanan digital para pengguna internet dunia. Hasilnya, netizen Indonesia berhasil menempati posisi terakhir dalam survei ini.

Seperti diketahui, penggunaan smartphone saat ini seolah menjadi nyawa kedua bagi banyak orang. Memperoleh smartphone memang semakin mudah saat ini. Sebagai bukti, tanpa harus memiliki kartu kredit, seseorang bisa mencicil smartphone (HP) lewat bantuan kredit HP tanpa uang muka dari Kredivo.

Baca Juga: Super Detail dan Dibantu Banyak Ahli, Ternyata Ini Proses Persiapan Marsha Timothy Sebelum Menghadiri Acara Penting

Memiliki ribuan merchant dengan bunga 2,6 persen per bulan, Kredivo juga menyediakan tenor atau masa pembayaran fleksibel mulai dari 3 bulan, 6 bulan, hingga 12. Caranya pun sederhana, cukup melakukan transaksi sebesar Rp 500.000 dan cicilan pun bisa langsung diajukan.

Namun sayang, ketika sudah memperoleh smartphone di tangan, tak sedikit pula pengguna yang memanfaatkannya dengan kurang bijak, terutama ketika berselancar di dunia maya.

Nah, alih-alih berkomentar pedas di media sosial, akan lebih baik jika smartphone yang dimiliki dimanfaatkan untuk membuat hidup lebih produktif.

Bagaimana saja cara memaksimalkan penggunaan smartphone untuk hal yang positif? Mari simak ulasan berikut.

Memanfaatkannya untuk berkarya

Tidak hanya nyaman digunakan untuk mendengarkan musik dan menonton film, smartphone dengan layar lebar juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan suatu karya yang unik. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi recording dan editing suara, rekaman video, hingga kamera untuk mengambil foto.

Baca Juga: Hakim Ketua Berhalangan Hadir, Sidang Askara Parasady Harsono Ditunda hingga Hari Senin

Meski kemampuan aplikasi tambahan di smartphone cukup terbatas, kemampuan tersebut tetap bisa dimaksimalkan seiring dengan bertambahnya pengalaman. Jika sering berlatih, kamu bisa memanfaatkan skill yang dimiliki untuk mendalami dunia fotografi atau menjadi seorang vlogger.