Find Us On Social Media :

Idul Fitri 2021: Permintaan Ma'ruf Amin Ditolak, Menteri Agama Tak Izinkan Santri Mudik

By Mahdiyah, Minggu, 2 Mei 2021 | 20:08 WIB

Menteri Agama RI tegaskan tak perbolehkan santri untuk mudik Idul Fitri 2021, seperti keinginan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Laporan Wartawan Grid.ID, Mahdiyah

Grid.ID - Wakil Presiden Ma'ruf Amin sempat meminta agar para santri diberikan dispensasi mudik pada Idul Fitri 2021, namun Menteri Agama RI, Gus Yaqut tak memperbolehkannya.

Bukan tanpa sebab, keinginan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk memberikan dispensasi mudik pada Idul Fitri 2021 bagi santri itu tak dikabulkan oleh Menteri Agama RI lantaran kasus Covid-19 yang masih tinggi.

Ya, pada akhirnya Menteri Agama RI, Gus Yaqut pun tak memperbolehkan santri untuk mudik Idul Fitri 2021, seperti yang diinginkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Mengutip KOMPAS.com pada Minggu (2/5/2021), Masduki Baidlowi, Jubir Wapres menyampaikan permintaan Ma'ruf Amin tentang dispensasi mudik tersebut pada Jumat (23/4/2021)..

Baca Juga: Cair H-10 Hari Raya Idul Fitri, Berikut 5 Fakta THR PNS 2021 yang Perlu Diketahui

"Oleh karena itu, harus ada dispensasi. Wapres minta agar ada dispensasi untuk para santri bisa pulang ke rumah masing-masing, tidak dikenai peraturan-peraturan yang ketat terkait larangan mudik dalam konteks pandemi saat ini," jelasnya.

Hal ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

Mengingat banyak sekali para perantau yang juga tak bisa mudik pada satu tahun terakhir, tepatnya 2 kali lebaran ini akibat pandemi.

Kendati demikian, keinginan Wakil Presiden tersebut tak dapat dikabulkan.