Find Us On Social Media :

Nggak Sampai Satu Menit, Begini Cara Sederhana Menguji Kesehatan Jantung Sendiri di Rumah

By Devi Agustiana, Jumat, 7 Mei 2021 | 09:00 WIB

Penyakit jantung bisa menjadi kondisi yang cukup banyak dikhawatirkan, lakukan tes sederhana ini untuk menguji kesehatan jantung.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Menurut Organisasi Jantung Dunia, penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Penyakit jantung bisa terjadi pada semua usia, tetapi risikonya meningkat seiring bertambahnya usia.

Tetapi tidak banyak orang yang mengetahui masalah jantungnya secara tepat waktu.

Hal ini karena metode konvensional untuk mengukur kesehatan jantung cukup mahal dan memakan waktu.

Nah, ada tes penyakit jantung atau cara menguji kesehatan jantung yang bisa kamu lakukan di rumah dan hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit.

Dilansir Grid.ID dari Times of India, ternyata orang dengan jantung yang sehat harus dapat menaiki empat armada (60 anak tangga) tangga dalam 45 detik, kata penelitian baru yang diterbitkan pada Desember 2020.

Studi ini mengamati 165 pasien bergejala yang direkomendasikan pengujian karena diketahui atau dicurigai ada penyakit arteri koroner.

Baca Juga: Meski Bikin Senam Jantung, Mimpi Meninggal dan Lihat Kematian Diri Sendiri Ternyata Memiliki Pertanda Ini, Awas Syok!

Orang-orang tersebut diminta untuk melakukan latihan yang berat, istirahat selama 15 sampai 20 menit, lalu dengan cepat diminta untuk menaiki 60 anak tangga tanpa istirahat dan juga tanpa berlari.

Waktu dicatat dan kapasitas latihan mereka diukur sebagai ekuivalen metabolic (MET), didefinisikan sebagai jumlah oksigen yang dikonsumsi saat istirahat.

Ditemukan bahwa pasien yang mengklaim tangga dalam waktu kurang dari 40-45 detik mencapai lebih dari 9 hingga 10 MET, tingkat kematian yang lebih rendah.