Find Us On Social Media :

Terlanjur Jadi Tradisi, Begini Aturan Membagikan Angpau Lebaran Supaya Tidak Memberatkan Kondisi Keuanganmu

By Ragillita Desyaningrum, Jumat, 7 Mei 2021 | 20:01 WIB

Jika kamu berniat untuk membagikan angpau lebaran di masa pandemi, sesuaikanlah dengan dana yang kamu miliki tanpa mengorbankan kebutuhan pokok.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Menjelang hari raya Idul Fitri 2021 atau hari lebaran, kita diwajibkan untuk saling bermaaf-maafan.

Tak jarang kegiatan ini juga menjadi momen untuk membagikan angpau lebaran berisi sejumlah uang, biasanya dari dewasa kepada anak-anak.

Karena telah menjadi tradisi, tentunya hari lebaran di tengah pandemi terasa tidak lengkap tanpa kegiatan membagikan angpau lebaran.

Namun di saat yang sama, kamu juga perlu memerhatikan kondisi keuangan yang ikut terdampak situasi pandemi seperti saat ini.

Nah, supaya kamu tetap bisa berbagi, berikut adalah beberapa aturan membagikan angpau lebaran supaya tidak memberatkan keuanganmu.

Seperti yang dikutip dari Kompas.com, sebenarnya tidak ada persentase atau jumlah dana yang ideal untuk membagikan angpau lebaran.

Kendati demikian, seorang perencana keuangan, Metta Anggriani, menyebutkan bahwa 10 persen adalah persentase yang sudah cukup bagus untuk berbagi.

“Namun artinya kembali lagi, persentase yang kita gunakan enggak baku lho. Karena persetanse orang beda-beda dan nominal pendapatannya juga berbeda-beda," ujar Metta yang dikutip dari Kompas.com.

 Baca Juga: Hore, THR Sudah Turun! Begini Trik Jitu Mengelola THR Supaya Tidak Habis dalam Sekejap

Menurut Metta, yang terpenting sebelum memutuskan untuk membagikan angpau lebaran adalah pengeluaran untuk kebutuhan utama telah terpenuhi.

Paling tidak, sampai sumber pendapatan berikutnya datang, kamu tidak merasakan kekurangan apapun terkait dengan kebutuhan pokok.