Find Us On Social Media :

Kulit Kering Timbulkan Banyak Persoalan? Yuk, Rawat dengan Cara Ini

By Fathia Yasmine, Minggu, 9 Mei 2021 | 12:05 WIB

Ilustrasi kulit kering

Grid.id –  Kondisi kulit kering dapat memicu terjadinya berbagai masalah seperti gatal, iritasi, hingga mudah keriput. Pada beberapa orang, kondisi kulit yang kering bahkan dapat membuat tampilannya bersisik.

Selain membuat tidak nyaman, masalah-masalah tersebut juga mengganggu penampilan. Rasa percaya diri bisa menurun apabila kulit terlihat kemerahan, bersisik, hingga keriput.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab kulit kering. Pertama, faktor genetik. Ada beberapa orang yang memang memiliki jenis kulit yang lebih mudah kering. Kedua, cuaca dingin, kelembapan udara yang rendah, dan paparan sinar matahari berlebih.

Ketiga, kebiasaan yang membuat pH kulit menjadi tidak seimbang seperti menggunakan sabun cuci muka atau sabun mandi yang tidak cocok, kebiasaan merokok, dan abai dalam merawat kesehatan kulit dari luar.

Baca Juga: Penuh Barang Antik dan Unik, Intip Interior Rumah Artis G-Dragon yang Bernilai Rp 115 Miliar, Disebut Mirip Kuil Dukun

Di bulan Ramadan kemarin, tantangan bagi pemilik kulit kering lebih tinggi karena tubuh rentan mengalami dehidrasi. Tubuh yang kekurangan asupan cairan juga dapat menyebabkan kulit lebih kering.

Dikutip dari riset NCBI (2019), ketika seseorang tidak minum selama lebih dari 12 jam tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga jaringan kulit pun ikut menurun kelembapannya.

Jika tidak ditangani, kekeringan ekstrem bisa mengakibatkan kulit pecah-pecah hingga infeksi. Dengan begitu, menjaga agar kulit wajah tetap lembab adalah hal yang penting.

Di samping mengonsumsi cukup air setiap hari, merawat kulit kering juga bisa dilakukan melalui ritual skincare yang tepat agar kulit tetap terhidrasi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tipsnya.

Baca Juga: Sujud Syukur Saat Tahu Aurel Hamil, Atta Halilintar Sempat Tangkap Tanda-tanda Tak Biasa sang Istri yang Ogah Disentuh Tiap Malam: Dia Tidurnya Makin Aneh

Gunakan produk pembersih yang gentle

Ketika menggunakan produk pembersih tubuh atau wajah, tidak jarang seseorang mengira jika kulit kesat setelah mandi atau mencuci muka merupakan pertanda bahwa kulit sudah bersih dan sehat.