Find Us On Social Media :

Kulit Kering Bikin Enggak Pede, Yuk Ketahui 4 Penyebabnya!

By Yussy Maulia, Selasa, 11 Mei 2021 | 19:11 WIB

Ilustrasi kulit kering yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Grid.id – Dari sekian permasalahan kulit yang ada, kulit kering menjadi salah satu hal yang cukup mengganggu bagi kaum hawa. Selain bikin enggak pede, kulit kering juga bisa menyebabkan rasa enggak nyaman seperti gatal-gatal dan iritasi.

Untuk diketahui, kulit kering merupakan kondisi ketika lapisan kulit paling atas tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Akibatnya kulitmu tampak kusam, bersisik, bahkan keriput.

Menurut ahli dermatologi asal California Annie Chiu, kulit kering yang dibiarkan terus menerus tanpa dirawat bisa mengakibatkan permasalahan kulit yang cukup serius.

“Pengelupasan, iritasi, dan kerusakan yang dapat menyebabkan penuaan dini dapat disebabkan oleh kulit kering kronis,” kata Annie dikutip dari laman Women’s Health Magazine, Senin (7/11/2016).

Baca Juga: Kulit Kering Timbulkan Banyak Persoalan? Yuk, Rawat dengan Cara Ini

Permasalahan kulit kering bisa disebabkan oleh faktor dari luar (eksternal) maupun faktor dari dalam (internal). Bagi kamu yang memiliki permasalahan kulit serupa, yuk ketahui lima penyebab umum kulit kering.

Penggunaan skincare berbahan aktif

Penggunaan produk perawatan kulit atau skincare memang dianjurkan supaya kulit tetap sehat dan ternutrisi. Namun, ada beberapa kandungan aktif pada skincare yang bisa menyebabkan kulitmu menjadi kering.

Kembali mengutip laman Women’s Health Magazine, kandungan aktif tersebut biasanya ditemukan pada produk anti-aging seperti retinolglycolic acidsalicylic acid, dan benzoyl peroxide.

“Kandungan aktif tersebut dapat meningkatkan pergantian sel kulit sehingga menyebabkan kulit jadi kering,” kata Annie.

Baca Juga: Berikut 7 Tren Makeup untuk Ngantor yang Diprediksi akan Hype di 2021

Meski demikian, Annie mengatakan bahwa kandungan aktif tersebut enggak berbahaya untuk kulit. Jika skincare-mu mengandung bahan aktif yang telah disebutkan, jangan lupa untuk gunakan pelembap setelahnya.