Find Us On Social Media :

Mengenal Bipang Ambawang Kuliner Khas Kalimantan Barat yang Disebutkan Presiden Jokowi dalam Pidato dan Membuat Masyarakat Heboh

By Ragillita Desyaningrum, Selasa, 11 Mei 2021 | 17:07 WIB

Dalam rangka Hari Bangga Buatan Indonesia, Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk membeli kuliner khas Indonesia, salah satunya Bipang Ambawang.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Beberapa waktu yang lalu, masyarakat dibuat heboh dengan isi pidato Presiden Joko Widodo yang menyebutkan Bipang Ambawang.

Dalam pidato yang diunggah oleh Kementerian Perdagangan RI di Youtube pada Rabu (5/5/2021), Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk membeli Bipang Ambawang secara online di Hari Bangga Buatan Indonesia.

"Untuk Bapak/Ibu dan Saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online."

"Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, Bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," kata Jokowi dalam video yang dikutip dari Tribunnews.com.

Lalu, apa yang membuat pidato ini menjadi perbincangan hangat di masyarakat?

Usut punya usut, ternyata Bipang Ambawang adalah salah satu kuliner khas Kalimantan Barat yaitu babi panggang.

Lebih tepatnya lagi, Bipang Ambawang merupakan salah satu restoran khusus yang menyediakan babi panggang khas Suku Dayak.

 Baca Juga: Heboh Video Presiden Jokowi Promosikan Bipang Ambawang, Mendag Minta Maaf

Masih melansir Tribunnews.com, restoran ini terletak di Jalan Trans Kalimantan Km 23, Kalimantan Barat, tepatnya di dekat rumah retret Constantini.

Jika datang dari arah Pontianak, restoran ini ada di sekitar 50 meter sebelum rumah retret Constantini dan di sebelah kiri jalan.

Bipang ambawang sendiri telah didaftarkan sebagai merek sejak 26 Agustus 2020.