Find Us On Social Media :

Kasus Covid-19 di India Kian Mencekam, Banyak Pasien Corona Terinfeksi Jamur Hitam Mematikan, Peluang Sembuh Makin Menipis

By None, Rabu, 12 Mei 2021 | 10:58 WIB

Kasus Covid-19 di India kian mencekam.

Grid.ID- Kasus Covid-19 di India semakin ruwet dan sulit ditangani.

Belum rampung dengan lonjakan kasus Covid-19 di India, sudah muncul masalah baru.

Kasus Covid-19 di India kali ini tambah runyam karena banyak pasien yang terpapar virus corona juga terinfeksi jamur hitam mematikan dan langka.

Kata para dokter kepada AFP, jamur hitam mematikan itu juga menginfeksi pasien Covid-19 yang telah pulih.

Mucormycosis atau mukormikosis yang dijuluki "jamur hitam" oleh dokter di India, biasanya paling agresif pada pasien yang sistem kekebalannya dilemahkan oleh infeksi lain.

Para pakar medis mengatakan, mereka melihat peningkatan kasus jamur hitam ini di India dalam beberapa pekan terakhir.

Kementerian Kesehatan India pada Minggu (9/5/2021) juga merilis saran tentang cara mengobati infeksi mucormycosis.

Baca Juga: Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021, Yuk Ketahui Tips Atur Budget Angpau Lebaran dan Alternatif Selain Uang Tunai

"Kasus infeksi mukormikosis pada pasien Covid-19 pasca-pemulihan hampir empat hingga lima kali lipat dibandingkan yang dilaporkan sebelum pandemi," kata Atul Patel spesialis penyakit menular yang berbasis di Ahmedabad yang juga anggota gugus tugas Covid-19 di negara bagian tersebut.

Di negara bagian Maharashtra yang memiliki Mumbai sebagai pusat keuangan India, ada 300 kasus lebih yang terdeteksi, kata Khusrav Bajan konsultan di Rumah Sakit Nasional Hinduja dan anggota gugus tugas Covid-19 Maharashtra.