Find Us On Social Media :

Siap-Siap! 2 Hari Lagi Fenomena Gerhana Bulan Super Blood Moon Akan Kembali Muncul, Inilah 34 Wilayah Indonesia yang Beruntung Menyaksikan

By Novia, Senin, 24 Mei 2021 | 20:00 WIB

Gerhana Bulan Total Perige atau Super Blood Moon

Laporan Wartawan Grid.ID, Novia Tri A

Grid.ID - Fenomena gerhana bulan total atau dikenal juga dengan Super Blood Moon akan kembali muncul.

Jatuh pada Rabu 26 Mei 2021 mendatang, fenomena langka ini akan kembali disaksikan masyarakat Indonesia.

Dikutip dari Tribunnews.com, Senin (24/5/2021), fenomena yang terakhir kali muncul 3 tahun lalu ini akan kembali nampak 2 hari lagi.

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN, Super Blood Moon ini dapat disaksikan dengan mata telanjang tanpa memerlukan alat bantu optik apa pun.

Disebutkan oleh LAPAN, Super Blood Moon ini akan tampak jelas di bagian Timur Wilayah Indonesia.

Ditambahkan dari Kompas.com, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebutkan setidaknya ada 34 wilayah di Tanah Air yang bisa melihat fenomena ini dengan jelas.

Selain itu, R Jamroni selaku Sub Koordinator Pengumpulan dan Penyebaran Data, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) juga sudah membeberkan Super Blood Moon ini akan muncul.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Terakhir Tahun Ini, Dapat Dilihat Kasatmata pada 17 Juli 2019!

"Pada jam 18.46 WIB di wilayah barat indonesia, 19.46 WITA di wilayah Tengah Indonesia, dan jam 20.46 WIT di wilayah Timur," ungkap Jamroni seperti dikutip Kompas TV dari Tribunnews.

Ditambahkan oleh Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Rahmat Triyono juga membeberkan lokasi-lokasi yang beruntung menyaksikan fenomena Super Blood Moon tersebut.

Dikutip dari bmkg.go.id, berikut daftar wilayah Ibukota Provinsi yang dapat menyaksikan Gerhana Bulan Total (GBT) 26 Mei 2021 mendatang.