Find Us On Social Media :

Tak Melulu Berbentuk Uang Tabungan, Menyiapkan Dana Darurat Juga Bisa dengan Tabungan Emas Lho! Begini Tipsnya

By Ragillita Desyaningrum, Senin, 31 Mei 2021 | 19:48 WIB

Menyiapkan dana darurat memang penting, tapi bentuknya tidak selalu harus tabungan uang. Bisa jadi tabungan emas yang nilainya cenderung meningkat dalam jangka panjang.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Dalam merencanakan keuangan, menyiapkan dana darurat sangatlah penting, terlebih di masa pandemi seperti sekarang.

Sebab, kondisi pandemi membuat perekonomian tidak pasti sehingga kita diharuskan untuk selalu siaga dalam menghadapi kemungkinan terburuk.

Melansir Kompas.com, menurut Indra Sjuriah, seorang CEO dan & CMO sebuah perusahaan jasa layanan Rencana Emas, dana darurat sendiri adalah sejumlah uang yang disiapkan untuk kebutuhan tak terduga di masa mendatang.

Walau demikian, Indra menekankan bahwa dana darurat seharusnya mudah diakses namun tidak diakses sehari-hari.

Nah, salah satu cara untuk menyiapkan dana darurat adalah dengan tabungan emas.

Emas dianggap pilihan yang sangat baik untuk digunakan sebagai tabungan dana darurat karena merupakan alat lindung terhadap inflasi.

Apalagi, emas mudah dicairkan dan nilainya cenderung meningkat dalam jangka panjang.

Baca Juga: Fresh Graduate Baru Mulai Kerja, Hindari 7 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan Berikut, Salah Satunya Ialah Tidak Punya Dana Darurat! 

Adapun waktu terbaik untuk memulai menabung emas, seperti yang diwartakan Kontan.co.id, adalah ketika kita memiliki dana.

Itu artinya, tidak perlu menunggu momen ketika harga emas naik atau turun karena emas membutuhkan jangka waktu yang panjang agar naik secara signifikan.

Untuk itu, Indra membagikan beberapa tips dalam menyiapkan dana darurat dengan menabung emas.