Find Us On Social Media :

Si Kecil Susah Tidur di Malam Hari? Atasi dengan Tips Berikut Ini

By Fathia Yasmine, Kamis, 10 Juni 2021 | 11:01 WIB

Ilustrasi anak sulit tidur saat malam

Grid.id - Menidurkan anak di malam hari kerap menjadi tantangan bagi para orangtua. Saat orangtua sudah lelah akibat beraktivitas seharian, di malam hari anak-anak masih punya banyak tenaga. Orangtua pun harus menemaninya bermain.

Namun, saat dibiarkan tidur larut, anak akan sulit untuk bangun pagi keesokan harinya. Padahal, aktivitas sekolah di rumah dimulai pagi hari. Anak pun jadi uring-uringan dan sulit berkonsentrasi saat menerima pelajaran karena mengantuk.

Dikutip dari Healthline, Asisten Profesor Yale School of Medicine Lynelle Schneeberg mengungkapkan bahwa anak yang sering tidur larut malam cenderung berpotensi mengalami perubahan suasana hati.

"Anak-anak yang kurang tidur memiliki risiko perubahan perilaku seperti masalah kecemasan dan suasana hati serta masalah akademis,” ujar Lynelle.

Baca Juga: Intip Rumah Artis Arie Untung dan Fenita Arie yang Mewah dengan Sentuhan Warna Emas di Dalamnya, Bahkan Ada Coffee Shop dan Studio Pribadi!

Tak hanya itu, anak juga berisiko mengalami obesitas. Apabila terjaga hingga larut malam keinginan anak untuk mengonsumsi panganan manis atau gurih sebagai camilan cenderung timbul.

Lalu, bagaimana cara menyiasati agar anak dapat tidur di waktu yang normal dan memperoleh manfaat dari tidur berkualitas? Mengutip dari laman Webmd, berikut tips yang bisa dicoba para ibu.

Hindari makan berat mendekati waktu tidur

Susah tidur di malam hari tidak selalu disebabkan oleh terlalu panjangnya waktu tidur siang. Mengonsumsi  makanan berat sebelum tidur juga bisa jadi penyebabnya. Langsung berbaring setelah makan akan membuat perut terasa mulas atau kembung sehingga si kecil menjadi rewel dan sulit tidur.

Alih-alih makan berat, orangtua bisa menawarkan pilihan panganan lain seperti oat bar, wafer rendah gula, atau susu hangat. Setelah itu, beri waktu setidaknya setengah jam setelah makan sebelum mengajak si kecil untuk beranjak ke tempat tidur.

Baca Juga: Piyu Padi Reborn Persembahkan 'Dissolve' untuk Mendiang Dendy Mikes

Dengan begitu, anak tidak akan merasa kembung atau mulas. Sebaliknya, ia akan cepat mengantuk karena perutnya sudah kenyang tanpa merasa perutnya penuh.