Find Us On Social Media :

Kompas Gramedia dan Dewan Pers Berkolaborasi Untuk Indonesia: Vaksinasi Covid-19 Untuk 10 Ribu Pekerja Media

By Grid, Senin, 28 Juni 2021 | 14:18 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Plt. Dirjen P2P Kementerian Kesehatan RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu melakukan konferensi pers (Ki-Ka-Depan): Coporate Communications Director KG Glory Oyong, Plt. Askesra Suharti, Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Plt. Dirjen P2P Kemenkes RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, Ketua Dewan Pers Indonesia Agus Sudibyo, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo. (Ki-Ka-Belakang): Kepala Puskesmas Tanah Abang dr. Sari Ulfa Nardia, Asperkeu Sri Haryati, Kadinkes Prov DKI Jakarta Dr. Widyastuti, KG Property Director Rudi Hartono, SubKoordinator Hepatitis, Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Dr. Indri Oktaria Sukmaputri, MPH, External Affair Director Harian Kompas Rusdi Amral, Direktur Utama Dyandra Media Internasional Daswar Marpaung.

Grid.ID - Bakti Kompas Gramedia (KG) untuk negeri diwujudkan dalam kolaborasi dengan Dewan Pers Indonesia, melalui program #BerkolaborasiuntukIndonesia: Vaksinasi Covid-19 untuk 10 ribu pekerja media.

Program ini diselenggarakan dengan membuka Sentra Vaksinasi KG di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat mulai Senin (28/6/2021), bertepatan dengan HUT ke-56 Harian Kompas.

Target peserta harian adalah 500 orang, sehingga diperkirakan akan digelar selama 20 hari.

“Pandemi Covid-19 ini persoalan maha dahsyat yang dihadapi dunia dan Indonesia tanpa terkecuali,” kata pemimpin redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra.

“Kita tidak bisa selamat, sebelum semua orang selamat. Penanganannya perlu tepat, cepat, serempak, juga serentak.”

“Karena itu, kita perlu bergotong-royong, bahu-membahu. Kerja-kerja mengatasi pandemi bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi semua, termasuk kita.”

“Apa yang dilakukan Kompas bersama-sama Dewan Pers dan banyak pihak ini semoga sedikit membantu Ibu Pertiwi yang sedang bersusah hati mengatasi pandemi.”

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-56 Harian Kompas, penyelenggaraan vaksinasi program ini merupakan wujud nyata semangat Harian Kompas untuk menjadi #KawandalamPerubahan bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi transformasi akibat pandemi.

Pekerja media menjadi sasaran utama vaksinasi karena sifat pekerjaannya yang berisiko tinggi terpapar Covid-19.

“Keselamatan dan kesehatan wartawan dan pekerja media adalah yang paling penting dalam kehidupan pers saat ini,” kata ketua Dewan Pers Indonesia, Agus Sudibyo.

“Hanya dengan keselamatan dan kesehatan itu, pers dapat berkontribusi nyata dalam penanganan pandemi Covid-19.”

“Dewan Pers mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, swasta, perusahaan media dan asosiasi media yang telah berkolaborasi melaksanakan seri vaksinasi untuk pekerja media.”

Dengan melindungi kesehatan para jurnalis melalui penyelenggaraan vaksinasi, KG berharap bisa turut menjaga stabilitas industri media di Indonesia sehingga tetap mampu menjalankan fungsi kontrol sosial sekaligus edukasi masyarakat di tengah situasi pandemi dan disinformasi.