Find Us On Social Media :

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Daerah di Jawa dan Bali Terapkan PPKM Darurat dan Tingkatkan Vaksinasi

By Sheila Respati, Minggu, 4 Juli 2021 | 15:59 WIB

Dokter Makhyan Jibril, Msc M Biomed pada Dialog Produktif yang diselenggarakan KPC-PEN yang ditayangkan di kanal YouTube FMB9ID_IKP, Kamis (1/7/2021).

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Jawa dan Bali mulai 3-20 Juli 2021. Penerapan kebijakan tersebut menyusul terus meningkatnya kasus terkonfirmasi Covid-19 pascalibur Lebaran.

Beberapa daerah yang mengimplementasikan kebijakan PPKM darurat mencapai 48 kabupaten atau kota dengan penilaian situasi pandemi level empat dan 74 kabupaten atau kota dengan penilaian situasi pandemi level tiga.

Salah satu daerah yang menerapkan PPKM darurat adalah Provinsi Jawa Timur (Jatim). Dokter sekaligus anggota Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Jatim dr Makhyan Jibril, Msc M Biomed mengungkapkan situasi di wilayahnya.

“Dalam dua minggu ini, kami bisa melihat tingkat keterisian kamar rumah sakit naik drastis. Sekitar tiga minggu lalu, tingkat keterisian rumah sakit di Jatim masih di angka 20-30 persen. Kemarin, keterisian ruang isolasi mencapai 82 persen dan ICU 72 persen,” ungkap dr Jibril pada Dialog Produktif yang diselenggarakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) yang ditayangkan di kanal YouTube FMB9ID_IKP, Kamis (1/7/2021).

Baca Juga: Viral Video Pengunjung Supermarket Berebut Susu Beruang Jelang PPKM Darurat, Ahli Gizi UGM Tegaskan Imunitas Tubuh Tak Hanya Didapat dari Susu

Peningkatan klaster keluarga di Jatim, menurut dr Jibril, terjadi secara signifikan.

“Setelah kami lakukan penelusuran, klaster keluarga memang meningkat tinggi dan menjadi klaster penyebaran tertinggi di Jatim,” katanya.

Di samping peningkatan disiplin protokol kesehatan (prokes), dr Jibril menilai program vaksinasi sangat penting untuk juga ditingkatkan.

“Kami sepakat bahwa program vaksinasi menjadi salah satu kunci untuk menekan laju Covid-19. Di Jatim, kami sudah mempercepat vaksinasi. Lebih kurang 4,9 juta penduduk telah divaksinasi dosis pertama dan 2.065.000 penduduk telah mendapat dosis kedua,” terang dr Jibril.

Kabupaten Tangerang jadi zona merah

Selain sejumlah daerah di Jawa Timur, Kabupaten Tangerang di Provinsi Banten juga menerapkan PPKM darurat. Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar mengatakan, wilayahnya memasuki zona merah dengan kategori penilaian kondisi pandemi level tiga.

Laju penularan Covid-19 di Kabupaten Tangerang naik signifikan dalam satu hingga dua minggu terakhir.