Find Us On Social Media :

Peneliti Syok Temukan Benda Asing ini di Dalam Paru-Paru Pasien Covid-19, Bisa Memicu Kesulitan Bernapas dan Kematian

By None, Jumat, 9 Juli 2021 | 11:19 WIB

ilustrasi x-ray paru-paru

Grid.ID - Sudah banyak ilmuwan yang membagikan hasil penelitian terhadap pasien Covid-19.

Studi yang dilakukan pada pasien Covid-19 itu dilakukan untuk menemukan cara terbaik untuk menghentikan penyebaran virus corona di dunia.

Salah satu penelitian menunjukkan bila pada paru-paru pasien Covid-19 kronis atau yang telah meninggal dunia ditemukan benda asing.

Benda asing tersebut yang diduga bisa memicu penderita virus corona sulit bernapas hingga harus menggunakan ventilator.

Rupanya benda asing itu berupa gel atau cairan. 

Para peneliti kini telah mengetahui apa sebenarnya kandungan dalam gel tersebut.

Temuan yang dilakukan Universitas Umeå, Swedia ini pun membawa para peneliti ke terapi baru pengobatan Covid-19 yang efektif.

Baca Juga: Dirundung Kesedihan Gegara sang Ibu Terpapar Covid-19, Kartika Putri Bagikan Video Menyayat Hati Tentang Ibundanya, Istri Habib Usman bin Yahya: Kami Yakin Mama Pasti Segera Sembuh

"Sudah ada terapi yang memperlambat produksi pembentukan gel atau memecah gel melalui enzim. Temuan kami juga dapat menjelaskan kenapa kortison tampaknya berpengaruh pada Covid-19," kata Urban Hellman, peneliti dari Universitas Umeå.

Dilansir Eurekalert, Jumat (9/7/2021), ketika pasien Covid-19 dengan kondisi kritis dipindai, tampak ada bercak putih di sekitar paru-paru.

Selain itu, otopsi dari beberapa pasien Covid-19 yang meninggal menunjukkan paru-paru jenazah dipenuhi cairan gel bening, sangat mirip dengan kondisi paru-paru orang yang tenggelam.

Sebelumnya para ilmuwan tidak mengetahui kenapa ada cairan gel bening di paru-paru pasien Covid-19 dalam kondisi kritis atau yang telah meninggal.