Find Us On Social Media :

Kemenkes RI Luncurkan Farmaplus, Aplikasi dan Situs untuk Mengecek Stok Obat di Apotek Seluruh Indonesia, Begini Cara Menggunakannya

By Ragillita Desyaningrum, Senin, 12 Juli 2021 | 15:39 WIB

Melalui Farmaplus, masyarakat dapat mengakses ketersediaan obat di apotek seluruh Indonesia.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Demi memudahkan masyarakat mencari obat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia membuat aplikasi Farmaplus.

Melalui aplikasi Farmaplus, masyarakat dapat mengecek ketersediaan obat di apotek yang ada di seluruh Indonesia.

“Farmaplus ini bisa diakses dengan mudah. Kita bisa ketahui di apotek mana obat yang sedang kita cari berada,” kata Plt. Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan drg. Arianti Anaya dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (10/7) yang dikutip dari laman Kemenkes.

Terkait dengan kasus peningkatan Covid-19 di Indonesia, drg. Arianti menegaskan bahwa selain vitamin, obat-obatan terapi Covid-19 harus dibeli dengan resep dokter.

“Semua obat-obatan terapi COVID-19 harus dibeli dengan menggunakan resep dokter karena obat tersebut mempunyai risiko kalau digunakan tidak sesuai resep dokter maka obat ini akan menjadi racun, bukan malah mengobati. Itu yang harus dipahami oleh para masyarakat,” jelasnya.

Dari penelusuran Grid.ID pada Senin (12/7/2021), terdapat total 1185 apotek di seluruh Indonesia dan 20,3 juta obat yang ada di Farmaplus.

Dalam tampilan awal situs Farmaplus, terlihat stok beberapa jenis obat yang digunakan untuk terapi pengobatan Covid-19.

 Baca Juga: 4 Fakta Tentang Vaksin Covid-19 Moderna Akan Masuk Indonesia, Bantuan Amerika dan Diklaim Ampuh Melawan Varian Delta