Find Us On Social Media :

Pentingnya Perilaku Hidup Sehat untuk Penuhi Asupan Gizi Ibu Hamil

By Dianita Anggraeni, Rabu, 14 Juli 2021 | 20:40 WIB

ilustrasi ibu hamil makan

Grid.ID - Di Indonesia, masih rendah kesadaran ibu hamil akan asupan gizi selama masa kehamilan.

Data dari WHO menunjukkan bahwa, di Indonesia, sebanyak 177 orang ibu mengalami risiko kematian dari 100.000 kelahiran pada tahun 2017.

Data yang sama menyebutkan bahwa pada 2018, 12,7 persen dari 1.000 bayi yang lahir meninggal dalam masa neonatus atau neonatal.

Adapun angka kematian balita pada tahun 2018 tercatat sebesar 25 persen per 1.000 kelahiran.

Baca Juga: K-Popers Merapat! Solois Sunmi dan Somi Dikonfirmasi Agensi Akan Segera Comeback Dalam Waktu Dekat, Kapan ya?

Angka risiko kematian tersebut dapat ditekan jika para calon ibu tidak alpa memperhatikan asupan gizi dan pola hidup sehat selama masa kehamilan.

Perubahan perilaku hidup sehat calon ibu harus bisa lebih diperhatikan.

Untuk meningkatkan kesadaran sekaligus menstimulasi perubahan perilaku hidup sehat tersebut, melalui program kerjasama perbaikan Gizi masyarakat Kementrian Kesehatan dengan GAIN (Global Alliance For Improved Nutrition) menggandeng PT Agate International (AGATE) dan SALIENT untuk membangun dan mengembangkan sebuah aplikasi gim interaktif bernama KIMO.

Baca Juga: Satu Tahun Pandemi Covid-19, Sita Tyasutami Pasien 01 Masih Terus Mendapat Hujatan Hingga Mentalnya Terganggu

Nama KIMO sendiri merupakan akronim dari Kids and Mom.

Gim ini dikembangkan dengan pendekatan "Self-determination Theory” yang bisa memotivasi ibu hamil untuk melakukan kebiasaan hidup sehat yang baru.

Teori ini diadaptasi menjadi modul-modul dalam aplikasi KIMO.