Find Us On Social Media :

Cegah Penyebaran Covid-19 Makin Tak Terkendali, Menag Imbau Warga Tidak Mudik saat Libur Idul Adha 2021

By None, Jumat, 16 Juli 2021 | 12:01 WIB

Foto Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Grid.ID- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau masyarakat agar tidak mudik saat Hari Raya Idul Adha 2021.

Yaqut Cholil Qoumas juga meminta warga untuk membatasi mobilitas selama hari libur Idul Adha 2021.

Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan, larangan mudik di Idul Adha 2021 ini perlu dilakukan karena Indonesia saat ini sedang mengalami gelombang kedua pandemi Covid-19.

"Kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk menjaga diri dan membatasi kegiatan sangat penting dalam mencegah penyebaran Covid-19, terlebih dengan adanya varian Delta," kata Yaqut melalui keterangan tertulis, Jumat (16/7/2021).

"Kami minta masyarakat bersabar dan tidak mudik Idul Adha tahun ini. Lindungi diri, keluarga dan orang di sekitar kita dari bahaya virus Covid-19," ujar dia.

Pemerintah telah menetapkan awal Zulhijjah 1442 Hijriah bertepatan 11 Juli 2021, sehingga Hari Raya Idul Adha jatuh pada 20 Juli 2021.

Yaqut mengatakan, mudik Idul Adha dalam kondisi pandemi berpotensi membahayakan jiwa dan bisa menjadi sarana penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu Sekarang! Simak Cara Untuk Menghilangkan Bau Daging Kambing Sajian Hari Raya Kurban Agar Tidak Bau Prengus Hanya dengan Bahan-bahan Dapur Saja

Sementara menjaga kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan, adalah kewajiban bersama.

"Larangan mudik Iduladha karena pemerintah ingin melindungi seluruh warga negara agar terjaga dari penularan Covid-19," ujarnya.

Yaqut juga minta masyarakat mematuhi Surat Edaran (SE) Menag Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H/2021 M di Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.