Find Us On Social Media :

Efikasi Vaksin Pfizer Dikabarkan Mencapai 100 Persen, Yuk Kenali Dulu Merek Vaksin yang Baru Saja Mendapat Izin Edar dari BPOM Ini!

By Novia, Minggu, 18 Juli 2021 | 08:48 WIB

Ilustrasi vaksin

Laporan Wartawan Grid.ID, Novia Tri Astuti

Grid.ID - Belakangan ini jajaran Pemerintah di Tanah Air tengah gencar menggenjot program vaksinasi covid-19.

Bukan tanpa alasan, hal ini dimaksudkan agar masyarakat di Tanah Air segera terbebas dari virus covid-19.

Nah, jika sebelumnya ada Sinovac, Sinopharm dan beberapa jenis vaksin yang begitu familiar.

Baru-baru ini, Badan Pengawasan Obat dan Makanan telah mengeluarkan izin penggunaan obat darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin jenis Pfizer pada 14 Juli 2021.

Diwartakan dari Kompas.com, Minggu (18/7/2021), hasil uji klinis fase ke-3 dari vaksin Pfizer ini memiliki efikasi mencapai 100 persen.

Namun, angka tersebut diperuntukkan bagi kelompok usia 12-15 tahun.

Sementara bagi usia 16 tahun ke atas efikasinya disebutkan menurun menjadi 95,5 persen.

Baca Juga: Vaksin Berbayar Dibatalkan! Presiden Joko Widodo Cabut Rencana Vaksinasi Non Subsidi yang Semula Direncanakan Melalui Kimia Farma

"Dan data uji klinik fase III menunjukan efikasi comirnaty, pada usia 16 tahun ke atas adalah 95,5 persen dan pada usia remaja 12-15 tahun adalah 100 persen," ujar Penny dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (15/7/2021).

Dengan diterbitkannya EUA untuk vaksin Pfizer, maka BPOM telah menerbitkan izin penggunaan darurat kepada enam jenis vaksin Covid-19 di Indonesia.

"Pertama, ada Coronavac dari Sinovac, vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Bio Farma, AstraZeneca yang diperoleh dari Covax facility, Sinopharm dari Beijing, dan Moderna dari Amerika," kata Penny.