Find Us On Social Media :

Singgung Sejumlah Negara dalam Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, KBRI Surati Stasiun Televisi Korsel hingga MBC Mengakui Hal Ini!

By Novia, Rabu, 28 Juli 2021 | 12:41 WIB

Presiden televisi publik Korea Selatan MBC, Park Sung Je,  Senin (26/7/2021).

Laporan Wartawan Grid.ID, Novia Tri Astuti

Grid.ID - Baru-baru ini KBRI Seoul telah melayangkan surat kepada salah satu stasiun televisi di Korea Selatan, MBC.

Hal ini dikarenakan stasiun TV MBC ini dinilai telah menyinggung Indonesia dan sejumlah negara lain saat upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, pekan lalu.

Disampaikan AntaraNews.com, KBRI telah meminta agar stasiun televisi tersebut segera melakukan perbaikan.

“Surat tersebut telah ditembuskan kepada Korea Communication Commission (KCC) 'lembaga pengawasan penyiaran media Korea Selatan' untuk meminta MBC melakukan langkah-langkah perbaikan,” ujar KBRI Seoul dalam keterangan tertulis, Selasa, (27/7/2021).

Ya, menanggapi pemberitaan sejumlah media di Indonesia terkait narasi MBC yang dinilai tidak pantas dalam pembukaan Olimpiade, Jumat (23/7/2021) lalu.

Kini, KBRI telah melakukan kroscek dengan melihat secara keseluruhan terkait rekaman defile kontingen negara peserta Olimpiade yang ditayangkan di MBC.

Baca Juga: Niat Hati Ingin Menggali Pasir, Dua Orang Karyawan Justru Temukan Mayat Wanita Tanpa Identitas Berbalut Karpet Merah Bermotif Bunga Terkubur di Gundukan Pasir, Polisi Ungkap Kondisinya

Dari proses tersebut, ditemukan, bahwa MBC mendeskripsikan setiap negara peserta dengan menampilkan keterangan (caption) yang bersifat klise (template).

Yakni, berisi tentang peta negara, informasi negara, info PDB, dan tingkat persentase vaksinasi COVID-19.