Find Us On Social Media :

Generasi Penerus Bangsa, Yuk Pertimbangkan Ini Saat Memilih Kampus Masa Depanmu

By Yussy Maulia, Kamis, 12 Agustus 2021 | 10:07 WIB

Grid.id – Kemerdekaan Republik Indonesia sudah diraih sejak 76 tahun lalu, tepatnya ketika proklamasi kemerdekaan diumumkan pada 17 Agustus 1945.

Meski sudah dinyatakan merdeka, bangsa Indonesia masih harus meneruskan perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan serta menjadi bangsa yang maju dan sejahtera.

Sebagai generasi muda penerus bangsa, pelajar memiliki peran penting untuk mewujudkan hal itu. Melalui pendidikan, pelajar bisa berjuang melawan kebodohan dan kemiskinan untuk membangun Indonesia.

Terkait pendidikan, perguruan tinggi merupakan jenjang terakhir sekaligus tertinggi dalam pendidikan formal di Indonesia.

Baca Juga: Yuk Kenalan dengan Adjar.id, Portal Baru dari Kompas Gramedia yang Mengemas Pengetahuan Umum dan Pelajaran Jadi Menarik untuk Anak Indonesia

Memilih jurusan di perguruan tinggi yang sesuai minat dan bakat bisa menjadi jembatan bagi kamu untuk bebas meraih cita-cita sebagai penerus bangsa.

Namun, selain perihal jurusan, ada sederet hal lain yang perlu kamu lakukan saat memilih kampus. Meski terkesan sepele, hal-hal tersebut memberikan dampak besar bagi studi yang kamu jalani. Berikut daftarnya.

1. Konsultasi dengan orang terdekat

Langkah pertama dalam memilih kampus yang tepat untukmu adalah melakukan konsultasi dengan orang terdekat. Misalnya saja, orangtua, kakak, atau orang lain yang lebih berpengalaman.

Kamu dapat mengkonsultasikan hal-hal seputar kampus, seperti lokasi, biaya hidup di sekitar kampus tersebut, hingga program akademik yang membuatmu tertarik.

Baca Juga: Mulai dari Fasilitas hingga Aksesibilitas, Y.A.I Tawarkan Pengalaman Kuliah Terbaik