Find Us On Social Media :

Rayakan Momen 17 Agustusan Secara Virtual, Pemerintah Siapkan Platform Ini

By Yussy Maulia, Minggu, 15 Agustus 2021 | 15:31 WIB

dr Reisa Broto Asmoro dalam dialog #IndonesiaBisa, Jumat (13/8/2021).

Grid.id - Dalam hitungan hari, Indonesia akan menyambut perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76 yang jatuh pada 17 Agustus 2021. Namun, mengingat pandemi belum usai, tahun ini perayaan HUT RI akan berbeda.

Kegiatan yang biasa dilakukan untuk mengisi momen kemerdekaan seperti upacara bendera, hiburan seni dan budaya, hingga lomba-lomba tradisional terpaksa dibatasi, bahkan ditiadakan.

Meski demikian, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap antusias merayakan kemerdekaan Indonesia di rumah. Salah satunya, dengan memanfaatkan platform Rumah Digital Indonesia (RDI).

Beragam fitur yang dimiliki oleh RDI diperkenalkan oleh dr Reisa Broto Asmoro dalam siaran pers #IndonesiaBisa yang disiarkan melalui kanal YouTube FMB9ID_IKP, Jumat (13/8/2021).

Baca Juga: Rayakan HUT RI ke-76, Yuk Ikut Lomba Berhadiah hingga Upacara Bendera, KG Media Gelar Festival 17-an se-Indonesia!

“Fitur yang tersedia mulai dari berinteraksi sesama pengunjung virtual, menonton berbagai konten hiburan seni dan budaya, literasi digital, hingga belanja produk lokal," papar dr Reisa dalam keterangan tertulis yang diterima Grid.ID, Minggu (15/8/2021).

Untuk diketahui, RDI merupakan platform hasil kolaborasi bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kolaborasi tersebut juga melibatkan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Agama (Kemenag), dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Menariknya, RDI juga menyediakan fitur permainan dan perlombaan seru khas momen 17 Agustus. Masyarakat bisa mengikuti kegiatan tersebut secara virtual dimana dan kapan saja.

Baca Juga: Awas! Jelang Peringatan Kemerdekaan RI, Mendagri Larang Adanya Lomba Peringatan HUT ke-76 RI, Masyarakat Dihimbau Berpartisipasi dengan Cara Ini

“Jadilah anak bangsa yang membanggakan dan memberi teladan termasuk dengan menghindari perayaan hari kemerdekaan secara terbuka dan mengundang kerumunan,” imbuh dr Reisa.

Sebagai informasi, puncak perayaan kemerdekaan akan berlangsung pada Senin (16/8/2021) mulai pukul 19.00 WIB melalui situs www.rumahdigitalindonesia.id. Masyarakat bisa langsung mengakses beragam fitur menarik di situs tersebut.