Find Us On Social Media :

Sumber Daya Alam Hayati dan Non Hayati: Pengertian, Jenis, Sifat, dan Contohnya

By Hotia, Rabu, 25 Agustus 2021 | 12:12 WIB

Batubara

Grid.ID - Semua pasti tahu dan pernah mendengar istilah Sumber Daya Alam (SDA).

Sumber Daya Alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Dilansir dari situs Kemdikbud, sumber daya alam terbagi menjadi dua jenis yakni sumber daya alam hayati dan sumber daya alam nonhayati. Sementara berdasarkan sifatnya, sumber daya alam terbagi menjadi tiga macam yakni sumber daya alam kekal, sumber daya alam yang dapat diperbarui, dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Berikut penjelasannya:

Sumber daya alam hayati

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Sumber daya alam hayati bisa berasal dari hewan maupun tumbuhan. Contoh sumber daya alam hayati yakni ayam, sapi, sayur, padi, jagung, kapas, kayu, teh, kopi, hingga ikan.

Sumber daya alam non hayatiSumber daya alam nonhayati adalah sumber daya alam yang bukan berasal dari makhluk hidup. Contohnya air, sinar matahari, udara, tanah, bahan tambang, minyak bumi, dan gas alam.

Baca Juga: Tes PCR Jadi Syarat Wajib Mengikuti Tes SKD CPNS 2021, Beginilah Nasib Peserta yang Hasilnya Positif Covid-19