Find Us On Social Media :

Tanpa Disadari Zat Kimia di Dalam Rumah yang Sangat Disukai Justru Punya Efek Buruk, Bisa Picu Paru-paru Berhenti Bernapas!

By None, Rabu, 8 September 2021 | 20:18 WIB

ilustrasi sulit bernapas

Grid.ID - Tanpa kita sadari beberapa wewangian yang ada di rumah ini ternyata bisa menimbulkan bahaya mematikan.

Salah satu yang wajib diwaspadai adalah penggunaan pelembut atau pewangi pakaian.

Tak banyak yang tahu bila pewangi pakaian mengandung bahan kimia berbahaya.

Tentunya bila terpapar dalam waktu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Melansir GridHealth.ID, hampir semua cairan pewangi dan pelembut tersebut mengandung apa yang disebut Quartenary Ammonium Compounds (QUATS)

Quats merupakan bentuk lain dari antimikroba, dan efeknya sama seperti triclosan yang berpotensi menumbuhkan bakteri yang kebal terhadap antibiotik.

Efek samping dari Quats juga bisa membuat kulit iritasi.

Sebuah penelitian yang dilakukan selama 10 tahun mengungkap bahwa quats adalah salah satu pemicu terjadinya infeksi kulit.

Baca Juga: Duh, Percuma Mewah Tapi Bau, Ini 4 Cara Agar Kamar Mandi Tetap Wangi Sepanjang Hari, Tanpa Pewangi Khusus kok!

Menurut Rebecca Sutton, PhD, ilmuwan senior dai Environmental Working Group, quats adalah zat kimia berbahaya yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan.

"Ada bukti yang menunjukkan, bahkan orang dengan kondisi fisik sehat yang sehari-harinya terpapar quats bisa menderita asma berat yang pada kasus ekstrem menyebabkan henti napas," terang Rebecca.

Solusinya, kurangi bahkan jika perlu hentikan pemakaian pelembut kain.