Find Us On Social Media :

Bisa Bikin Mati Muda, Jangan Pernah Minum Air Kelapa Campur Jeruk Nipis Bila Kondisi Tubuh Seperti Ini, Hindari Segera

By Hotia, Sabtu, 11 September 2021 | 17:00 WIB

Air Kelapa Muda

Grid.ID - Sejumlah informasi campuran air kelapa dan jeruk nipis yang dipercaya mampu menangkal virus Covid-19 beredar di tengah masyarakat.

 

Memang, ramuan ini biasanya dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh, namun tidak bisa menangkal virus Covid-19.

Alih-alih menyehatkan, racikan air kelapa dicampur jeruk nipis ini ternyata malah bisa membahayakan kesehatan pada orang dengan kondisi tertentu.

Bebebera waktu lalu anjuran agar pasien Covid-19 mengonsumsi air kelapa campur jeruk nipis dan garam setiap hari.Racikan air kelapa, jeruk nipis dan garam ini disebut-sebut ampuh melawan virus corona agar pasien bisa segera negatif dan sembuh.Faktanya, racikan air kelapa dan jeruk nipis ini ternyata tidak terbukti secara ilmiah mampu membunuh virus Covid-19, loh!

Bahkan, bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu, racikan ini justru bisa menyebabkan nyawa melayang.Ketua Satgas Penanganan Covid-19 PB IDI, Profesor Zubairi Djoerban menegaskan informasi air kelapa campur jeruk untuk membunuh virus corona ini hanya hoaks.

"Contoh WhatsApp tak bertanggung jawab. Tentang air kelapa yang diklaim bisa sembuhkan Covid-19. Ini klaim palsu," jelas Prof Zubairi di Twitter, Rabu (21/7/2021).Adapun Guru Besar Departemen Penyakit Dalam FKUI, dr Ari Fahrial Syam, memaparkan klaim campuran bahan-bahan tersebut belum terbukti secara medis dapat membunuh COVID-19 dan bisa menimbulkan efek samping bagi orang-orang yang memiliki masalah lambung."Kalau orang ada masalah dengan maag, itu bisa jadi problem. Jeruk nipis asam sama garam asin, maag-nya bisa kambuh."

"Saya terus terang saja juga ada pasien-pasien dapat jeruk nipis, jadi maag-nya kambuh," ujar dr Ari dilansir dari laman Satgas COVID-19.

Baca Juga: Hubungan Percintaannya Bolak-balik Kandas, Ini Hal yang Bakal Diterapkan Ayu Ting Ting untuk Bilqis Jika Sudah Tumbuh Besar