Find Us On Social Media :

Penggemar Budaya Korea, Yuk Ikut Kemeriahan Perayaan Chuseok dengan Kegiatan Ini

By Fathia Yasmine, Kamis, 23 September 2021 | 09:31 WIB

Perayaan Chuseok di Korea Selatan

Grid.ID – Tradisi pulang ke kampung halaman atau mudik ternyata tidak hanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tradisi tersebut juga dilakukan di Korea Selatan (Korsel). Biasanya pada hari raya Chuseok.

Setiap Chuseok, warga Korea Selatan mendapat jatah libur nasional cukup panjang, yaitu tiga hari. Tahun ini, hari raya tersebut jatuh pada Selasa (21/9/2021). Berdasarkan kalender Korsel, libur nasional untuk merayakan Chuseok dimulai Senin (20/9/2021) hingga Rabu (22/9/2021).

Oleh sebab itu, banyak warga Korea Selatan memanfaatkannya untuk mudik dan merayakan Chuseok bersama keluarga besar.

Chuseok merupakan perayaan yang dilakukan sebagai tanda syukur atas hasil panen selama musim semi. Bisa dikatakan hari raya ini merupakan Thanksgiving ala Korsel. Chuseok menjadi salah satu hari libur terbesar dan terpenting di Korsel.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Artis Cantik Ini Disebut Tak Kunjung Menikah Gegara Makhluk Halus, Hingga Nasib Kakek Sepuh yang Mendadak jadi Miliarder Usai Dapat Rp 6 M

Menurut sejarah, tradisi ini sudah dirayakan sejak zaman Dinasti Silla (57 Sebelum Masehi – 935 Masehi). Selain disebut dengan nama Chuseok, perayaan ini juga dikenal sebagai Hangawi.

Adapun Hangawi sendiri berasal dari kata dalam bahasa Korea kuno yang berarti hari ke-15 pada bulan ke-8 menurut kalender lunar atau pertengahan musim gugur.

Setiap perayaan ini, warga Korsel umumnya membawa hadiah ketika pulang ke rumah orangtua. Hadiah yang dibawa biasanya adalah ikan, buah, daging, ginseng, dan minyak sebagai simbol kesehatan serta keberkahan dalam hidup maupun pekerjaan.

Nantinya, putra maupun putri tertua akan mempersiapkan meja dan jamuan makan khas Korea untuk disajikan pada anggota keluarga yang lebih tua. Makanan disiapkan secara bersama-sama oleh anggota keluarga.

Baca Juga: Bayi Prematurnya Kini Tumbuh Makin Sehat dan Kuat, Audi Marissa Ternyata Rutin Memberikan Tummy Time Pada Anaknya, Manfaatnya Ternyata Luar Biasa Banget!

Sebelum melakukan makan bersama, seluruh anggota keluarga akan mengucapkan doa kesehatan dan kehidupan makmur sebagai tanda syukur. Tidak hanya itu, berkunjung ke makam leluhur atau disebut seongmyo dalam bahasa Korea juga menjadi bagian dari perayaan Chuseok.

Anggota keluarga akan membersihkan makam serta memberi hormat kepada leluhur dengan upacara penghormatan sederhana. Bukan cuma itu, tradisi ini juga kerap dijadikan sebagai ajang berbagi dengan orang-orang sekitar.