Find Us On Social Media :

Berbagi di Masa Pandemi, Pembaca Kompas Serahkan Donasi kepada Ratusan Buruh Gendong di Yogyakarta

By None, Senin, 27 September 2021 | 06:47 WIB

Grid.ID – Pembaca Kompas melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) kembali menyalurkan donasi berupa bantuan sembako untuk masyarakat terdampak pandemi, yakni buruh gendong di sejumlah pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bentuk kepedulian ini diharapkan dapat membantu meringankan beban buruh gendong dalam memenuhi kebutuhannya selama masa pandemiCovid-19.

Sejumlah 242 paket sembako diserahkan secara simbolis oleh Ketua Komunikasi Daerah KompasGramedia (FKD-KG) Yogyakarta Didiet Raditya kepada buruh gendong di Pasar Beringharjo, KotaYogyakarta pada Jumat (24/9). Tidak hanya berisi sembako seperti beras, tepung terigu, gula, minyak goreng, dan sarden, bantuan ini juga termasuk kebutuhan kesehatan yakni vitamin dan masker.

Penyaluran paket sembako ini juga diberikan kepada buruh gendong di Pasar Giwangan, Pasar Kranggan di Kota Yogyakarta, dan Pasar Gamping di Kabupaten Sleman. “Pasar Beringharjo ada 242 paket bantuan, Pasar Giwangan ada 137 paket, sementara Pasar Gamping dan Kranggan ada 71 paket bantuan,” ujar Didiet pada penyerahan paket sembako di Pasar Beringharjo.

Pada kesempatan ini Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) bekerja sama dengan Yayasan Annisa Swasti (Yasanti) yang telah mendampingi para buruh gendong selama bertahun-tahun.

Dana yang dihimpun dari pembaca harian Kompas ini sebenarnya disalurkan untuk berbagai kelompok masyarakat, namun buruh gendong yang pendapatannya anjlok sangat perlu untuk diberikan perhatian khusus agar dapat sama-sama bertahan di masa pandemi ini.

“Bantuan ini merupakan salah satu wujud kepedulian sesama warga karena bantuan ini dari dana yang dihimpun dari pembaca Kompas. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban buruh gendong,” tutur Didiet.

Baca Juga: Harian Kompas dan Blibli Ajak UMKM Melek Digital, Peluang Bisnis Menguntungkan Era Pandemi