Find Us On Social Media :

BPIP Gelar Bedah Musik Kebangsaan, Cara Terkini Kenalkan Nilai-nilai Pancasila kepada Generasi Muda

By Rangga Gani Satrio, Selasa, 28 September 2021 | 14:13 WIB

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care menggelar kegiatan 'Bedah Musik Kebangsaan', di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Banten

Laporan Wartawan Grid.ID, Rangga Gani Satrio

Grid.ID - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kembali menggelar kegiatan bertajuk 'Bedah Musik Kebangsaan', dalam rangka sosialisasi nilai-nilai Pancasila.

Dalam pelaksanaannya, BPIP berkolaborasi dengan Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care yang merupakan komunitas musisi peduli kebangsaan

Acara tersebut berlangsung di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Banten yang berlangsung secara hybrid (offline dan online) akhir pekan lalu.

Tahun lalu acara ini sempat dilaksanakan di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok dan Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung.

Ahmad Doli Kurnia Tandjung, pendiri Sinergy for Indonesia mengatakan, strategi khusus dalam sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda ialah melalui kesenian.

Musik dipilih sebagai salah satu kesenian yang dekat dengan masyarakat terutama generasi muda serta menjawab perkembangan zaman di era teknologi yang semakin pesat.

Apalagi, lanjut Ahmad Doli, dia pernah disoraki saat menjadi pembicara dalam diskusi tentang Pancasila. Saat itu, dia dianggap tidak modern.

Baca Juga: Pertama Kalinya Nyanyi Sepanggung dengan Aurel Hermansyah dan Krisdayanti, Atta Halilintar Deg-degan!