Find Us On Social Media :

Menyelisik Toyota Gazoo Racing di Indonesia, dari Sejarah TGR hingga Prestasi di Ajang Balap Dunia

By Yakob Arfin Tyas S, Sabtu, 9 Oktober 2021 | 11:48 WIB

Berbagai seri Toyota GR Sport (dari kiri atas ke kiri bawah): Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport, dan Veloz GR Limited.

Grid.ID - Pada pertengahan Agustus 2021, tepatnya Kamis (19/8/2021), Toyota Indonesia resmi memperkenalkan brand baru Toyota Gazoo Racing (TGR) di Tanah Air.

Kehadiran TGR memberi warna baru sekaligus melengkapi pilihan kendaraan Toyota bagi konsumen di Indonesia

Sebagai penanda kehadirannya, TGR merilis mobil sport GR Yaris yang hanya tersedia 126 unit di Indonesia, setelah sebelumnya sempat merilis Toyota GR Supra pada tahun 2019.

Selain itu juga terdapat 6 lineup kendaraan sporty dengan besutan GAZOO Racing, yaitu Raize GR Sport, Yaris GR Sport, Rush GR Sport, Agya GR Sport, Fortuner GR Sport, dan multi-purpose vehicle (MPV) Veloz GR Sport Limited. 

Pada dasarnya, nama TGR sendiri sudah menggema di kancah balap dunia. Tim global yang dikhususkan untuk membidani mobil-mobil sport Toyota pada ajang balap tersebut secara resmi dibentuk pada 2015.

Dalam kiprahnya, TGR menyemai berbagai kejuaraan tingkat dunia, mulai dari World Endurance Championship (WEC), World Rally Championship (WRC), dan Dakar Rally.

Namun demikian, belum banyak pecinta otomotif, khususnya autolovers perempuan yang mengetahui secara mendalam profil TGR.

Supaya lebih mengenal brand sporty Toyota ini, berikut Grid.ID rangkum seluk beluk TGR, mulai dari sejarah hingga catatan prestasi di ajang balap dunia.

Alasan Toyota kembangkan TGR

Bagi Toyota, motorsport tak sekadar soal hobi, hiburan, atau gaya hidup semata. Motorsport merupakan cara Toyota untuk menciptakan kendaraan massal yang andal digunakan di berbagai kondisi jalan dan memenuhi kebutuhan pelanggan dari masa ke masa. Toyota menyebut kendaraan seperti itu dengan istilah ever-better cars.

Baca Juga: Mobilitasmu Terhenti Saat Pandemi Covid-19? Jangan Khawatir, Nikmati Kenyamanan Ekstra Bersama Toyota New Fortuner dan New Kijang Innova, Jangan Sampai Ketinggalan ya!

Jejak langkah tersebut dimulai pada 2007 ketika karyawan Toyota secara sukarela bergabung dalam tim balap yang diberi nama Gazoo Racing yang jadi cikal bakal TGR. Mereka menantang diri untuk mengikuti balap ketahanan Nürburgring 24 Jam di Jerman.