Find Us On Social Media :

Seluruh Dunia Dibuat Terkejut, Ditemukan Sinyal Misterius dari Pusat Galaksi Bima Sakti, Para Astronom Mulai Cari Lebih Banyak Petunjuk

By Annisa Dienfitri, Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:49 WIB

Ilustrasi galaksi bima sakti

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Dienfitri

Grid.ID - Para astronom dikejutkan dengan penemuan sinyal misterius yang datang dari arah pusat galaksi Bima Sakti.

Sinyal misterius itu diketahui tidak cocok dengan pola sumber radio variabel yang saat ini dipahami dan dapat disimpulkan sebagai kelas baru objek bintang.

Penulis utama studi dan mahasiswa di School of Physics di University of Sydney, Ziteng Wang, menjelaskan sinyal misterius itu berputar seiring waktu.

"Sinyal paling aneh dari sinyal baru ini adalah memiliki polarisasi yang sangat tinggi. Ini berarti cahayanya berosilasi hanya dalam satu arah, tetapi arah itu berputar seiring waktu," kata Ziteng Wang.

"Kecerahan objek juga bervariasi secara dramatis, dengan faktor 100, serta sinyal menyala dan mati tampaknya secara acak. Kami belum pernah melihat yang seperti itu," jelasnya.

Banyak jenis bintang yang memancarkan cahaya variabel melintasi spektrum elektromagnetik.

Dengan kemajuan luar biasa dalam astronomi radio, studi tentang objek variabel atau sementara dalam gelombang radio adalah bidang studi yang sangat besar yang membantu mengungkap rahasia semesta.

Pulsar, supernova, bintang yang menyala, dan semburan radio cepat adalah semua jenis objek astronomi yang kecerahannya bervariasi.

Baca Juga: Main Hakim Sendiri sampai Nekat Kubur Hidup-Hidup Seorang Terduga Pencuri, 14 Warga di Garut Diciduk Pihak Berwajib