Find Us On Social Media :

Pandemi Memasuki Fase Relaksasi, Masyarakat Diimbau Jangan Lengah

By Yussy Maulia, Rabu, 3 November 2021 | 18:57 WIB

 

Grid.id - Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) M Adib Khumaidi menyatakan, saat ini kondisi pandemi di Indonesia tengah memasuki fase relaksasi. Artinya, situasi mulai membaik dan kasus positif melandai.

Dalam Dialog Produktif Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) yang digelar oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Selasa (2/11/2021), Adib menegaskan bahwa situasi ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kesehatan dan kewaspadaan diri.

“Masyarakat harus tetap sadar bahwa pandemi belum selesai. Yang penting dipahami masyarakat adalah kesadaran dan deteksi diri,” ujar Adib melalui keterangan tertulis yang diterima Grid.id, Selasa (3/11/2021).

Menurut Adib, kesadaran atau awareness dapat menciptakan perubahan perilaku yang lebih waspada dan hati-hati. Seseorang yang memiliki kesadaran tinggi akan secara otomatis menghindari hal-hal yang dapat memungkinkan mereka terpapar Covid-19.

Baca Juga: Siap-siap, Prokes Akan Jadi Budaya Hidup Baru Masyarakat Ke Depan

Sementara itu, melakukan deteksi diri atau self-assessment juga penting untuk mendukung upaya tracing, testing, dan treatment (3T) serta program vaksinasi.

"Kunci penanganan pandemi ada di tangan rakyat. Seluruh upaya pengendalian pandemi tidak akan berhasil tanpa partisipasi masyarakat. Masyarakat, menurutnya, harus menjadi garda terdepan, dapat menjalankan fungsi skrining komunitas dan triase komunitas," ujarnya.

Selain itu, Adib menegaskan, masyarakat juga harus tetap taat protokol kesehatan (prokes). Saat ini, penerapan prokes sudah dilaksanakan lewat 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Saat beraktivitas di dalam ruangan, masyarakat juga diimbau untuk memperhatikan ventilasi, durasi, dan jarak (VDJ) guna meminimalisasi risiko terpapar virus.

Baca Juga: Memaknai Hari Cuci Tangan Sedunia, Dari Hal Sederhana Bisa Memberi Dampak Besar

“Masyarakat jangan lengah, tetap jaga protokol kesehatan. Jaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Sampaikan ke semua pihak, pandemi belum selesai. Bila ada gejala Covid-19, segera lapor,” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Anggota Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sub Bidang Mitigasi, Falla Adinda. Dalam kesempatan yang sama, Falla menyampaikan bahwa ia percaya masyarakat memiliki awareness yang cukup tinggi soal situasi pandemi.