Find Us On Social Media :

Tingkatkan Minat Baca Anak, Kiddo dan KPG Luncurkan Buku ‘Kita Semua: Kisah Asia Tenggara’, Mengulik Kembali Perjalanan Sejarah Bangsa Asia Tenggara

By Grid, Sabtu, 6 November 2021 | 13:55 WIB

ilustrasi buku

Grid.ID – Perkembangan manusia sebagai makhluk hidup memiliki sejarah yang panjang.

Berawal dari benua Afrika, manusia kemudian hidup berpindah-pindah.

Begitu banyak yang telah dilalui umat manusia dari saat mereka menginjakkan kakinya pertama kali di Asia dan menempatinya hingga ke masa sekarang ini.

Paragraf di atas merangkum isi buku Kita Semua: Kisah Asia Tenggara karya penulis buku anak asal Australia Jackie French, Virginia Hooker, seorang akademisi dan ahli sejarah yang fasih berbahasa Indonesia, dan Mark Wilson sebagai ilustrator.

Buku tersebut diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Penerbit Kiddo, imprint Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) dan sudah beredar di toko buku sejak 13 Oktober 2021.

Penerbitan Kita Semua bermula ketika Dr. Elly Kent yang sudah lama bergerak di bidang penerjemahan bahasa Indonesia-Inggris, membaca buku All of Us karya Virginia Hooker, Jackie French, dan diilustrasi oleh Mark Wilson.

Sejalan dengan itu, Dr. Elly Kent kemudian tergerak mewujudkan cita-cita Virginia Hooker yang ingin menunjukkan bahwa sebenarnya ada kisah yang sama yang dialami bangsa-bangsa Asia Tenggara.

Baca Juga: Diterpa Skandal, Pesan yang Ditulis Kim Seon Ho dalam Buku Naskah 'Hometown Cha Cha Cha' Ini Langsung Jadi Sorotan Netizen

Menurutnya, kisah yang sama ini jarang ditunjukkan di sekolah.

Padahal, kisah ini dapat membangun kesadaran bahwa arti bangsa jauh lebih luas daripada batasan negara, bahasa, dan agama.

Karena itulah, Dr. Elly Kent mendekati badan Australia-Indonesia Institute yang merupakan bagian dari Kementerian Luar Negeri Australia dan mengusulkan buku ini sebagai proyek penerjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia untuk kemudian disebarkan ke seluruh Indonesia.

Penyebaran karya ini tidak hanya dilakukan melalui penerbitan buku saja.