Find Us On Social Media :

Jangan Sampai Musim Hujan Bikin Rumah Banjir, Kenali Penyebab Lantai Rembes dan Cara Mengatasinya dengan Melapisi Waterproofing, Ternyata Nggak Boleh Sembarangan!

By Ragillita Desyaningrum, Kamis, 11 November 2021 | 10:40 WIB

Lantai bocor saat hujan yang dibiarkan lama kelamaan akan membuat rumah banjir. Begini cara mengatasinya.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.IDMusim hujan mendatangkan ketakutan bagi sebagian masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di daerah rawan banjir.

Tak jarang, orang-orang yang tinggal di daerah rawan banjir harus pasrah apabila dilanda banjir hingga masuk ke dalam rumah.

Sebenarnya, ada banyak penyebab banjir seperti curah hujan yang tinggi hingga tinggal di daerah resapan air dan dekat sungai.

Namun, ada penyebab banjir masuk ke dalam rumah lainnya yang berdasarkan faktor lainnya misalnya atap, dinding, dan lantai yang bocor.

Lantai bocor atau rembes ini ditandai dengan adanya air yang keluar melalui pori-pori lantai atau celah nat keramik.

Melansir Kompas.com, ada beberapa penyebab lantai bocor atau rembes, di antaranya adalah kondisi tanah yang memiliki daya serap tinggi dan muka air tanah yang tinggi.

Selain itu, kesalahan pemasangan keramik, struktur lantai yang tidak dirancang untuk menahan air, dan nat keramik yang sudah tua juga ikut mempengaruhinya.

Baca Juga: Waspada Musim Hujan, Hewan-hewan Ini Sering Masuk ke Dalam Rumah dan Membahayakan Anggota Keluarga, Begini Cara Mencegahnya!