Find Us On Social Media :

Bukan Cuma Uang Koin, 4 Alat Unik Ini Juga Sering Digunakan untuk Kerokan

By Fathia Yasmine, Jumat, 12 November 2021 | 09:48 WIB

Uang koin

Grid.ID – Ketika mendengar pertanyaan “Benda apa yang sering dipakai orang Indonesia untuk mengerok badan?”, kamu pasti akan langsung teringat dengan uang koin. Ya, uang koin merupakan salah satu benda yang identik dengan aktivitas kerokan. Saat badan terasa kurang sehat, kebanyakan orang Indonesia langsung mencari balsem dan uang koin.

Alasannya sederhana, uang koin mudah ditemukan karena digunakan untuk bertransaksi sehari-hari. Kamu tinggal membuka dompet untuk menemukannya. Karena padat dan terbuat dari logam benda ini tidak mudah rusak meski sering digunakan untuk mengerok badan berkali-kali.

Namun, tahukah kamu, selain uang koin, ada beberapa benda lain yang juga bisa digunakan untuk mengerok badan, lho. Beberapa di antaranya bahkan merupakan barang unik yang jarang ditemui di kehidupan sehari-hari. Daripada penasaran, berikut Grid.ID rangkum benda-benda unik tersebut.

Tanduk kerbau

Sebagai alat pertahanan diri, tanduk kerbau juga dikenal sangat kuat sehingga bisa dikreasikan menjadi apa saja. Salah satunya menjadi alat kerokan.

Meski begitu, membuat alat kerokan dari tanduk kerbau juga bukan hal yang mudah. Apalagi mengingat alat ini akan digunakan untuk bergesekan langsung dengan kulit manusia.

Untuk membuat alat kerokan, tanduk kerbau harus melewati banyak proses, seperti penentuan bentuk, proses penghalusan, hingga proses finishing agar alat terlihat mengkilap dan rapi.