Find Us On Social Media :

Bantu Sanitasi Masyarakat Kota Surakarta, Pembaca Harian Kompas Bersama DKK Launching Program Pengembangan Jaringan Air Minum Perpipaan Keluarga

By Grid, Jumat, 12 November 2021 | 18:53 WIB

Launching Program Pengembangan Jaringan Air Minum Perpipaan Keluarga (Master Meter) diwakilkan oleh Manajer Eksekutif Yayasan DKK Anung Wendyartaka dan Ketua KSM Mojo Waras Jumadi pada Jumat (12/11/2021).

Grid.IDPembaca Harian Kompas melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) bekerjasama dengan KSM Mojo Waras melaksanakan Launching Program Pengembangan Jaringan Air Minum Perpipaan Keluarga (Master Meter) yang bertempat di Balai RW 03 Kelurahan Mojo – Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta pada tangal 12 November 2021.

Acara launching ini sukses dilaksanakan dengan Penandatanganan naskah kerja sama oleh DKK, KSM, Lurah Mojo, Bapppeda, DISPERUMKPP, dan IUWASH PLUS.

Acara Launching Program Pengembangan Jaringan Air Minum Perpipaan Keluarga (Master Meter) dihadiri oleh Manajer Eksekutif Yayasan DKK Anung Wendyartaka, Lurah Mojo Margono S.STP, M.Si, Kabid infrastruktur dan pengembangan wilayah BAPPEDA Kota Surakarta Dandy Yoga Enconika, ST, MT, Bayu mewakili Direktur Umum Perumda Air minum kota Surakarta, Ari Yulianto dari Disperumkpp kota Surakarta, Jumadi Ketua KSM Mojo Waras dan Regional Manager IUWASH Plus Jawa Tengah Jefry Budiman.

Sasaran dari pembuatan Program Pengembangan Jaringan Air Minum Perpipaan Keluarga adalah untuk meningkatkan akses air minum dan layanan sanitasi pada masyarakat miskin dan kelompok rentan di perkotaan.

Cakupan program kerjasama YDKK dengan KSM Mojo Waras ini adalah membangun jaringan perpipaan air minum keluarga sebanyak 60 sambungan rumah (SR) dengan nilai total bantuan sebesar Rp 87 juta.

Selain itu, program ini menggunakan skema pembiayaan dana bergulir yang dikelola oleh KSM Mojo Waras.

Rencananya perolehan hasil pengembangan melalui skema dana bergulir ini akan dimanfaatkan untuk pengembangan program sanitasi.

Launching program ditandai dengan penyerahan secara simbolis peralatan kerja dan meteran air kepada pelaksana teknis pembangunan jaringan air minum, pendatanganan kerjasama antara YDKK dan KSM Mojo Waras.

Baca Juga: Berbagi saat Pandemi, Pembaca Harian Kompas Berdonasi untuk Persatuan Tuna Netra di Lampung

Pihak Kelurahan Mojo, Bappeda Surakarta, dan Usaid IUWASH PLUS, Disperumkpp Kota Surakarta dan Perumda Air Minum Surakarta ikut serta sebagai pihak-pihak yang memberi dukungan dalam PKS tersebut.

Manajer Eksekutif Yayasan DKK, Anung Wendyartaka mengatakan, “YDKK sangat senang dan bahagia bisa menyalurkan donasi pembaca Kompas dalam bentuk program pengembangan perpipaan jaringan air minum kepada masyarakat di Kelurahan Mojo Surakarta."