Find Us On Social Media :

Menjalani Tren Sustainable Living di Masa Pandemi, Kenapa Tidak?

By Yussy Maulia, Selasa, 16 November 2021 | 11:03 WIB

Bijak dalam memilah sampah menjadi bagian dari aksi sustainable living.

Grid.id – Isu lingkungan menjadi perhatian banyak orang beberapa tahun belakangan. Lembaga konsultansi untuk perusahaan dan lembaga nonpemerintahan (NGO) GlobeScan mencatat dalam sebuah studinya bahwa kepedulian masyarakat dunia akan isu lingkungan mulai memuncak pada 2014.

Pandemi Covid-19, membuat kepedulian akan isu tersebut semakin memuncak. Masyarakat semakin sadar bahwa kelestarian alam memiliki kaitan erat dengan kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Fenomena tersebut juga terlihat di Indonesia. Studi yang dilakukan oleh Hakuhodo Institute of Life and Living (HILL) ASEAN pada 2020 menunjukkan, sekitar 86 persen masyarakat Indonesia sudah mulai sadar akan pentingnya mempertimbangkan dampak suatu produk terhadap diri sendiri dan lingkungan.

Salah satunya, dengan mengurangi penggunaan produk sekali pakai, termasuk yang terbuat dari bahan plastik. Seperti diketahui, sampah plastik merupakan salah satu penyebab kerusakan lingkungan.

Baca Juga: Jakarta Fashion Hub Ajak Generasi Muda untuk Lebih Mengenal Sustainable Fashion, Penasaran?

Tak hanya itu, semakin banyak orang mengubah gaya hidupnya menjadi lebih ramah lingkungan dengan menerapkan gaya hidup berkelanjutan (sustainable living).  

Sustainable living merupakan gaya hidup ramah lingkungan dengan mengurangi konsumsi energi rumah tangga, mendaur ulang dan membuat kompos, membeli produk lokal, hingga produk yang tidak berdampak buruk bagi lingkungan.

Bagi Anda yang ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih sustainable, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan upaya itu. Berikut beberapa aksi nyata yang bisa Anda mulai.

1. Lebih bijak dalam berbelanja

Membeli barang dengan memikirkan dampaknya bagi lingkungan dapat menjadi langkah sederhana untuk menerapkan konsep sustainable living. Misalnya saja, saat berbelanja pakaian.

Baca Juga: Belajar dari Melody Eks JKT48 yang Ketipu Beli Tas Mewah Secara Online, Simak Lagi 5 Tips Belanja Online yang Aman

Sebelum membeli, pertimbangkan kembali apakah Anda benar-benar membutuhkan pakaian baru atau tidak. Jangan sampai Anda hanya menambah tumpukkan pakaian di lemari dan berakhir tidak terpakai.