Find Us On Social Media :

Apresiasi Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Gelar DUI Awards, Catat Tanggalnya ya!

By Grid, Rabu, 24 November 2021 | 14:19 WIB

 

Grid.id - Sebagai bentuk apresiasi terhadap Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek akan menggelar DUDI Awards 2021 pada 15 Desember mendatang.

Sebagai salah satu rangkaian menuju malam anugerah DUDI Awards, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dit. Mitras DUDI), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek menggelar Webinar dengan tema “Peran Strategis Industri dalam Pembangunan SDM Vokasi” hari ini.

Salah satu ciri khas dari pendidikan vokasi yakni kedekatannya dengan DUDI melalui kemitraan, baik pada proses pembelajaran, pengembangan, penguatan SDM, hingga perekrutan lulusan vokasi.

Menurut Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto, para peserta didik, baik siswa maupun mahasiswa selama masa studinya harus mendapatkan pengalaman dan merasakan kultur dari dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja sehingga saat lulus nanti mereka akan menjadi SDM yang terampil, siap kerja, serta memenuhi kebutuhan dari industri.

“Kalau bicara hard skills, lulusan vokasi sudah cukup kompeten dan menguasai. Namun yang perlu untuk ditingkatkam adalah soft skills, meliputi kemampuan berkomunikasi, team work, leadership, integritas, kemandirian, dan karakternya. Justru ini yang lebih banyak dibutuhkan DUDI dan dunia kerja,” jelas Dirjen Wikan, Selasa (23/11/2021).

Pendidikan vokasi sendiri saat ini menjadi salah satu fokus Pemerintah dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Menurut Wikan, SDM vokasi yang unggul ini akan berpotensi menjadi pendongkrak peningkatan ekonomi nasional dan daya saing bangsa.

Maka dari itu, Salah satu komitmen dari Pemerintah ialah mewujudkan link and match.

Baca Juga: Dibintangi Putri Marino dan Jourdy Pranata, One Night Stand Tak Hanya Sajikan Cerita Romansa