Find Us On Social Media :

Ahli Ungkap Pakai Kompor Listrik Bisa Hemat Rp 48.000 per Bulan, Begini Tips Merawat Kompor Induksi Supaya Awet dan Bisa Digunakan Bertahun-tahun

By Ragillita Desyaningrum, Rabu, 8 Desember 2021 | 10:09 WIB

Ahli mengungkapkan bahwa kompor listrik dapat menghemat pengeluaran hingga 20-30 persen. 

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Selain kompor gas, tak sedikit masyarakat Indonesia yang kini sudah menggunakan kompor listrik atau induksi.

Bahkan, Menteri BUMN menyebutkan bahwa menggunakan kompor listrik dapat menghemat pengeluaran hingga 20 persen dibandingkan kompor gas.

“Kalau 15 juta kompor terpakai penghematan yang luar biasa dalam menekan kompor LPG. Rakyat diuntungkan, yang rata-rata biaya masak di rumah Rp 147.000, jadi Rp 118.000 per bulan, hemat lagi 20 persen,” kata Erick dikutip dari Kompas.com

Seorang ahli dari ITB juga menyebutkan bahwa kompor listrik dapat menghemat Rp 48.000 per bulan atau sekitar 30 persen.

"Opex (harga energi) lebih ekonomis hingga 30 persen (sekitar Rp 48.000/bulan) dengan asumsi tarif listrik Rp 1.500/kwh, harga gas Rp 12.500/kg, kompor induksi 2 kali lebih cepat panas dari kompor gas, durasi masak 3 jam/hari dalam sebulan,"

Demikian yang dikatakan oleh Staf Kelompok Keilmuan (KK) Teknik Ketenagalistrikan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) dan Anggota Pusat Penelitian Energi Baru Terbarukan ITB, Dr. Ing. Deny Hamdani.

Baca Juga: Bahayanya Bisa Sebabkan Kebakaran, Segera Ganti Kompor di Rumah Jika Menunjukkan 5 Tanda Ini, Jangan Sampai Menyesal!