Find Us On Social Media :

‘Tahu-tahu Dia Nggak Ngomong, Menggelepar’, Sahabat Ceritakan Detik-detik Terakhir Sebelum Soe Hok Gie Meninggal di Puncak Gunung Tertinggi di Jawa, Ini Fakta Menarik Tentang Gunung Semeru

By Ragillita Desyaningrum, Kamis, 16 Desember 2021 | 16:12 WIB

52 tahun yang lalu atau tepatnya 16 Desember 1969, Soe Hok Gie meninggal dunia di puncak Gunung Semeru.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Pada hari ini, 52 tahun yang lalu atau tepatnya 16 Desember 1969, Soe Hok Gie meninggal di puncak Gunung Semeru, Jawa Timur.

Soe Hok Gie adalah seorang mahasiswa, aktivis, dan penulis Indonesia di era pemerintah Soekarno dan Soeharto.

Melansir Kompas.com, Soe Hok Gie meninggal di puncak Gunung Semeru setelah tidak sengaja menghirup gas beracun.

Sebenarnya, pendakian ini sangat istimewa bagi Soe Hok Gie karena pada tanggal 17 Desember, dirinya akan merayakan ulang tahun ke-27.

Sayangnya, beberapa jam sebelum ulang tahunnya, Soe Hok Gie justru menghembuskan napas terakhirnya.

Hok Gie bersama teman-temannya, Aristides Katoppo, Herman Onesimus Lantang, Abdurrachman, Anton Wijana, Rudy Badil, dan dua anak didik Herman, Idhan Dhanvantari Lubis serta Freddy Lodewijk Lasut, mendaki Gunung Semeru dengan berbekal buku terbitan Belanda tahun 1930 tentang panduan naik Semeru dan menggunakan jalur yang tak umum.

Sesampainya di puncak, Herman dan Idhan yang sempat tertinggal sudah melihat Soe Hok Gie yang sudah dalam kondisi duduk karena kelelahan.

 Baca Juga: Bos Idaman Banget! Zaskia  Adya Mecca Ajak Seluruh Staffnya Libur 4 Hari dan Kunjungi Tangkuban Perahu, Sudah Tahu 3 Fakta Menarik Tentang Gunung Ini Belum?