Find Us On Social Media :

Indonesia Optimistis Dapat Kejar Target 40 Persen Populasi Tervaksin Lengkap

By Hotria Mariana, Sabtu, 18 Desember 2021 | 12:31 WIB

Pemaparan capaian vaksinasi pada Forum Merdeka Barat 9 (FMB9)- Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Jumat (17/12/2021).

Grid.ID – Indonesia menduduki posisi ke-5 sebagai negara dengan jumlah vaksinasi dosis lengkap terbanyak dunia setelah China, India, Amerika Serikat (AS), dan Brazil.

Capaian tersebut tak terlepas dari peran serta seluruh pihak, terutama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri), pemerintah daerah (pemda), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan pihak swasta.

Melihat perolehan itu, pemerintah optimistis, target 40 persen dari total populasi tervaksinasi lengkap bisa segera terwujud. Pasalnya, saat ini Indonesia tinggal melakukan vaksinasi kepada 3,2 juta orang lagi untuk mencapai target itu. 

Bahkan, bisa saja pada awal 2022, Indonesia mampu mewujudkan target program vaksinasi hingga 70 persen. Namun, upaya ini baru akan terwujud dengan dukungan masyarakat.

Untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi, Indonesia juga telah menjalin berbagai kerja sama multilateral.

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro dalam siaran pers Forum Merdeka Barat 9 - KPC PEN, Jumat (17/12/2021). 

Baca Juga: Catat! Selain Melakukan Vaksinasi, Begini Cara Tepat Pencegahan Penularan Virus Corona Omicron

Ia mengatakan, vaksinasi Covid-19 perdana yang diwakili oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Januari 2021 menjadi tonggak sejarah pengendalian pandemi virus corona di Indonesia.

Momen itu sekaligus menandai dimulainya proyek besar program vaksinasi Covid-19 karena menyasar lebih dari 208 juta penduduk Tanah Air.

Sejauh ini, hampir 150 juta penduduk Indonesia sudah divaksin dosis pertama. Dari jumlah tersebut, sebanyak 105 juta di antaranya sudah divaksin dosis lengkap.

“Dengan melakukan vaksinasi pada 3,2 juta orang lagi, capaian dosis lengkap sudah di atas 108 juta atau 40 persen dari total populasi Indonesia,” terangnya menurut keterangan resmi yang diterima Grid.ID, Sabtu (18/12/2021).

Ia juga mengingatkan para orangtua tak lupa memvaksin anaknya. Ini mengingat, program vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun sudah berlangsung sejak Selasa (14/12/2021).